Keunikan Qatar 2022 Gelaran Piala Dunia Paling Aman di Negeri Muslim

Keunikan Qatar 2022 Gelaran Piala Dunia Paling Aman di Negeri Muslim

Desember 20, 2022 0 By cahaya

Saat gelaran Piala Dunia Qatar 2022 banyak pihak yang mencemooh dan underestimate mengenai penanganan piala dunia nantinya di Qatar. Ada banyak sekali issue yang coba diangkat terutama oleh masyarakat Eropa, seperti larangan alkohol, LGBTQ serta isu mengenai tenaga kerja migran yang mengalami kecelakaan kerja selama proses penyiapan piala dunia.

Namun saat gelaran piala dunia ini mulai berlangsung hingga partai final Piala Dunia, setidaknya ada beberapa keunikan yang bisa didapati oleh masyarakat dunia, sekaligus membuka mata mereka mengenai penyelenggaraan piala dunia di Jazirah Arab ini.

Dibuka dengan Pembacaan AlQuran

Piala Dunia 2022 dibuka dengan pembacaan lantunan ayat suci Al Quran yaitu surat Al Hujurat ayat 13 oleh Ghanim Al Muftah, seorang pemuda yang terkena Caudal Regression Syndrome, yaitu kelainan perkembangan tulang belakang ke bawah.

morgan-freeman-dan-ghanim-al-muftah-1_169

Surat Al Hujurat sendiri memiliki terjemahan sebagai berikut “Wahai manusia, sesungguhnya Aku menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal.” QS Al Hujurat. Dan event piala dunia kali ini merupakan momen yang tepat untuk saling mengenal antar masyarakat berbagai bangsa.

Dukungan Kemerdekaan Palestina

Hal pertama yang paling terasa dominan adalah, siapapun team yang sedang bertanding, kita akan selalu menemukan fans yang menggunakan bendera Palestina di stadion, tidak hanya fans dari negara-negara muslim tetapi juga fans dari berbagai negara Eropa dan Amerika turut membawa bendera Palestina.

bendera palestina di piala dunia qatar

Ini membuat orang-orang menganggap Palestina adalah tim ke 33 yang berlaga dalam ajang empat tahunan FIFA ini. Meski Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia Qatar 2022, Tetapi tetap saja, Palestina memenangkan hati banyak fans bola dunia lewat gelaran ini.

Terkait  Arti Simbol Semangka Palestina

Merayakan Keberhasilan Bersama Orang Tua

Pada kebanyakan Piala Dunia sebelumnya, wags para pemain dari negara-negara menjadi icon yang selalu ditunggu, ya, paras cantik mereka menjadi salah satu magnet yang bisa memalingkan wajah fans sepak bola. Tidak jarang para wags ini turun ke lapangan menyambut keberhasilan kekasih mereka setelah memenangkan pertandingan. Namun di Piala Dunia Qatar, hal yang berbeda terjadi.

Sofiane-Boufal-mother-FIFA-World-Cup

Adalah para pemain timnas Maroko, negeri muslim dan arab pertama yang mencetak sejarah sebagai semifinalis piala dunia yang merayakan kesuksesan mereka dengan orang tua mereka, merayakan kebahagiaan mencetak rekor dan berbagi kebahagiaan dengan orang tua yang telah mengasuh mereka. Hal ini memberikan rasa kehangatan pada siapapun yang melihatnya bahwa kesuksesan seorang anak tidak terlepas dari dedikasi orang tua mereka

Tidak Ada Fans Inggris Ditangkap Selama Piala Dunia Qatar

Inggris dikenal memiliki fans garis keras yang hampir selalu membuat kericuhan dalam gelaran piala dunia maupun piala eropa. Namun berkat adanya kebijakan pembatasan minuman beralkohol. Tidak ada satupun fans Inggris yang harus berhadapan dengan hukum setempat. Kepolisian Inggris yang ditugaskan mengawal para fans sendiri cukup takjub dengan kondisi ini.

fans inggris tidak ada yang bermasalah di piala dunia qatar

Nol persen fans tertangkap adalah sebuah rekor bagi fans Inggris, dimana Inggris raya mengirimkan dua wakil sekaligus dalam piala dunia kali ini yaitu Timnas Inggris dan Timnas Wales, semuanya kembali ke keluarga mereka dengan damai.

Pagelaran Sepakbola yang Paling Aman untuk Fans Wanita dan Keluarga

Para fans wanita dan orang tua yang mengajak anak-anak mereka menonton piala dunia secara langsung di Qatar menyebutkan, event tahun ini sangat-sangat aman dibanding event sebelumnya. Tentunya, kebijakan larangan alkohol ditengarai sebagai salah satu penyebab mengapa gelaran Piala dunia kali ini terasa sangat aman untuk mereka.

Terkait  Khitbah: Ketahui Syarat, Tata Cara, dan Hal Pentingnya!

fans wanita piala dunia paling aman

Tidak ada orang mabuk di jalan, tidak ada sexual abuse dan kericuhan, yang tentunya membawa marwah permainan sepakbola ini kembali menjadi permainan yang bisa dinikmati oleh siapa saja, tidak terkecuali para wanita dan keluarga.

Tak hanya itu, para fans wanita juga diberi kesempatan untuk mencoba memakai pakaian tradisional arab seperti mengenakan hijab dan abaya, hal ini dapat membantu mempererat masyarakat yang berbeda latar belakang budaya.

Keramahan Bangsa Arab

Masyarakat Qatar menyambut para fans yang hadir ke negara mereka dengan sangat baik, mereka tidak ragu mempersiapkan berbagai kemudahan untuk para fans, mulai dari menyediakan makanan dan minuman gratis, mempersilahkan para fans menonton dan menginap di rumah mereka, merasakan suasana hangat dan akrab penuh kekeluargaan dengan keluarga-keluarga Qatar.

warga qatar bagikan makanan untuk fans piala dunia

Hal ini, membuka mata para fans piala dunia dari berbagai penjuru bahwa islam dan bangsa arab bukanlah bangsa barbar, mereka sangat ramah dan suka membantu sesamanya. Harapan kami, hal ini dapat mengubah persepsi masyarakat terutama barat agar mau melihat keberagaman dari kacamata yang berbeda.

Tentunya, pagelaran piala dunia ini tentu masih banyak kekurangannya, namun upaya Qatar dalam menghadirkan piala dunia yang aman dan bisa dinikmati semua pihak patut kita apresiasi.