Resolusi Tahun Baru? Ketahui, sebelum Masuk Tahun 2023!

Resolusi Tahun Baru? Ketahui, sebelum Masuk Tahun 2023!

Desember 27, 2022 0 By Yuliarti Selli

Resolusi tahun baru, menjadi hal yang biasa dibuat oleh para khalayak ramai untuk memotivasi diri dalam melakukan perubahan secara signifikan. Walaupun tidak semuanya bisa terwujud, setidaknya kita punya harapan dan target dalam mencapai suatu hal di tahun baru.

Tidak harus sekaligus untuk terwujud, pasti secara berkala dan bertahap. Jika secara sekaligus, maka bersyukurlah kita dapat keberuntungan untuk bisa melanjutkan atau membuat misi selanjutnya. Resolusi tahun baru, juga identik dengan doa dan niat akan bisa terwujud.

Jadi, seperti apa resolusi tahun baru 2023-mu?

Secara Pengertian

Resolusi Tahun Bau, adalah harapan dalam angan setiap manusia, yang dituliskan untuk visi misi ke depan di tahun berikutnya. Ini bisa saja disebut sebagai janji pada diri sendiri, yang mana ingin mewujudkannya dengan niat.

Contoh Resolusi Tahun Baru yang bisa Dicoba:

  1. Mulai jadi konsumen yang tidak konsumtif.
  2. Lebih menjaga pola hidup sehat, mulai dari makanan dan lain-lain.
  3. Berhenti melakukan hal buruk pada diri sendiri, semisal merokok.
  4. Diet.
  5. Sering Berolahraga.
  6. Bisa beli rumah.
  7. Bisa beli sepeda.
  8. Lebih banyak membaca buku.
  9. Menabung dengan lebih banyak.
  10. Menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal apapun.

Sejarah Revolusi Tahun Baru

Sejarah dari Revolusi Tahun Baru berawal dari sekitar 4.000 tahun lalu. Dimana dimulai dari orang Babilonia Kuno yang memakainya. Mereka, juga yang mengadakan festival keagamaan untuk merayakan Tahun Baru.

Praktik serupa juga dilakukan di Roma Kuno, yang mana Kaisar Roma, Julius Caesar pertama kali menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun baru sekitar tahun 46 SM. Januari, memiliki arti khusus bagi orang Romawi.  Bulan Januari dinamakan setelah Dewa Janus.

Orang Romawi, merayakan Tahun Baru dengan mempersembahkan korban kepada dewa (tumbal). Selain itu, mereka juga membuat janji untuk berperilaku baik di tahun berikutnya. Janji tersebut bisa dianggap sebagai resolusi Tahun Baru.

Terkait  Metode Membaca Al-Qur’an, Dimulai dari Mana Saja?

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

Terdapat tips, yang bisa dilakukan dalam membuat Revolusi Tahun Baru bisa maksimal terjadi, diantaranya:

1. Gunakan metode SMART

Maksudnya adalah kita harus pintar dalam menetapkan tujuan. Ini bisa dilakukan saat membuat resolusi dan singkatan dari SMART sendiri adalah specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound. Kita harus realistis dalam mengatur keinginan.

2. Mulai dari yang kecil

Lanjutan dari atas, jika memang tidak sanggup untuk mewujudkan yang besar-besar, maka bisa dengan mewujudkan yang kecil-kecil dulu. Siapa tahu, dari situ kamu bisa mewujudkan yang besar. Semua butuh proses, jadi sabar dan jangan suka instan.

3. Ubah tujuan

Ingat, resolusi tidak harus melulu terwujud, jadi buang ekspektasi terlalu berlebihan agar tidak kecewa. Sehingga, kita perlu langkah jelas, untuk memulainya terlebih dahulu. Misal, bermain media sosial selama satu jam sehari. Apakah bisa paten dalam 30 hari? Pasti disesuaikan kebutuhan.

4. Belajar dari pengalaman

Dengan pengalaman membuat resolusi di tahun kemarin, maka kita bisa menerka-nerka atau mengira-ngira, seberapa besar kemampuan kita dalam mewujudkan tersebut. Jangan ujug-ujug semua merasa bisa dilist. Kecuali, jika kamu membuat resolusi di 10 tahun ke depan tidak apa-apa.

Itulah, penjelasan mengenai resolusi tahun baru, dimulai dari pengertiannya, sejarahnya, contoh pembuatan, hingga tips dalam membuat resolusi tahun baru. Pastikan di tahun 2023 ini, mampu memberikan resolusi terbaikmu, entah secara cepat atau lambat. Good luck.