Keutamaan Berdoa Saat Hujan

Keutamaan Berdoa Saat Hujan

Oktober 8, 2022 0 By cahaya

Tahukan kamu salah satu keutamaan berdoa saat hujan adalah doa kita akan dikabulkan oleh Oleh Allah? Selain waktu-waktu tertentu yang diajarkan dalam islam sebagai saat yang tepat untuk berdoa, hujan juga merupakan saat yang tepat untuk berdoa.

Hal ini mengingat apa yang disampaikan Allah dalam sebuah ayat bahwa hujan merupakan salah satu bukti rahmatNya pada alam.

Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam,dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun- susun, untuk menjadi rezki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.” (QS. Qaaf: 9-11).

Hujan sendiri merupakan fenomena alam yang terjadi untuk menurunkan air kembali ke bumi setelah mengalami penguapan. Hujan dapat membantu makhluk hidup untuk tetap hidup dan berkembang.

Meski demikian, banyak manusia menganggap hujan mengakibatkan banjir, kemacetan dan berbagai bencana alam. Padahal sebagian bencana alam tersebut terjadi akibat ulah tangan manusia, seperti penggundulan hutan, menutup daerah resapan air dengan bangunan dan infrastruktur, dan berbagai tindakan merusak alam lainnya.

keutamaan berdoa saat hujan

Allah SWT mengingatkan manusia untuk tidak membuat kerusakan di muka bumi dalam berbagai ayat, salah satunya di QS Al A’raf 74

“Dan ingatlah ketika Dia menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah setelah kaum ‘Ad dan menempatkan kamu di bumi. Di tempat yang datar kamu dirikan istana-istana dan di bukit-bukit kamu pahat menjadi rumah-rumah. Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi.”  (QS Al-A’raf 74)

Keutamaan Berdoa di Saat Hujan

Setidaknya ada tiga hadits yang meriwayatkan keutamaan berdoa saat hujan, yaitu berdasarkan hadits dari Ibnu Qudamah, dan juga dikuatkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm.

Terkait  Perbedaan Muzara'ah dan Mukhabarah

Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

Salah satu alasan mengapa kita disarankan berdoa saat hujan Menurut Sahl bin Sa’d ia mendengar Rasulullah bersabda

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi).

Sedangkan dari Ummul Mukminin Aisyah R.A dalam Hadits Bukhari menyebutkan

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.

Dari berbagai hadits di atas, hujan merupakan saat yang tepat untuk bermunajat dan memanjatkan doa, karena menurut Rasulullah, doa saat hujan tidak akan ditolak oleh Allah SWT.