6 Fakta Sains yang ada di Al-Quran, Simak Penjelasan Berikut!

6 Fakta Sains yang ada di Al-Quran, Simak Penjelasan Berikut!

Oktober 19, 2022 0 By Yuliarti Selli

Alam semesta sangatlah wow, dan terdapat banyak rahasia jika kita ingin mengetahuinya. Apalagi itu semua, bisa terjawab melalui kitab Islam, yaitu Al-Qur’an. Al-Qur’an, juga memberikan pengetahuan sains yang mana, orang-orang sekarang masih mempelajari.

Fakta sains yang ada di dunia, jika dihubungkan dengan Al-Qur’an masih banyak nyambungnya, dan connect, cocok. Jadi, tidak main-main Allah SWT dalam menciptakan alam semesta begitu megahnya dan maha dahsyatnya, tidak ada yang menandingi.

Berikut faktanya:

1. Adanya Embrio

Proses terjadi, dan munculnya embrio, sudah dijelaskan Al-Qur’an, 14 abad yang lalu. Bayangkan, pada masa itu masih belum ada teknologi maju, tetapi Allah telah menurunkan ayat itu. Kita ketahui, bahwa proses pembentukan embrio, dimulai dari yang namanya pembuahan, dan menjadi embrio.

Embrio nanti menjadi janin, yang kemudian menjadi bayi. Itu semua sudah dijelaskan dalam Surah Al-Mu’minun ayat 13-14. Berikut isi ayatnya:

“Kemudian kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian, kami menjadikannya makhluk yang berbentuk lain. Maha Suci Allah, Pencipta yang paling baik”. (QS Surah Al-Mu’minun ayat 13-14)

2. Adanya Gunung

Adanya gunung, sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Secara penelitian, akar gunung atau pondasi gunung bisa mencapai 200 km, dan secara gambaran, gunung seperti pasak berdiri yang ditancapkan ke bumi, makanya disebut sebagai pasak bumi. Gunung sebagai pasak bumi, dijelaskan di Surah An-Naba’ ayat 7-8.

Berikut isi ayatnya:

“Bukankah kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak?”. (QS An-Naba’ ayat 7-8)

3. Pisahnya Air di Laut

Di dunia ini, terdapat fenomena pisahnya air laut dengan air laut yang lain, karena disebabkan perbedaan karakteristik. Fenomena tersebut, sudah dijelaskan dalam Surah Ar-Rahman, ayat 19-20, dan fenomena langka ini, cukup banyak orang yang belum tahu.

Berikut adalah isi Surahnya:

“Dia membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. Maka nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan?”. (QS Ar-Rahman ayat 19-20)

4. Akibat Bing Bang, terjadi Perluasan Alam Semesta

Menurut para ilmuwan, adanya Big Bang, menyebabkan alam semesta menjadi luas atau mengalami perluasan. Hal ini, dianggap tak terbatas, sehingga bisa dibilang sangat luas sampai tidak ada patokannya. Penjelasan tersebut, sudah ada di Surah adz-Dzariat ayat 47-48.

Berikut isi Surahnya:

“Dan langit kami bangun dengan kekuasaan (kami), dan kami benar-benar meluaskannya. Dan bumi telah kami hamparan, maka (kami) sebaik-baik yang menghamparkan”. (QS adz- Dzariyat ayat 47-48)

5. Adanya Tata Surya

Dalam sains, tata surya terdiri dari matahari dan planet-planet lain, termasuk bumi, yang mengitari mengikuti porosnya. Indahnya tata surya tersebut, sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an beserta tata aturannya. Sudah tercantum, dalam Surah Al-anbiya ayat 33.

Berikut isi Surahnya:

“Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari, dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya”. (QS Al-anbiya ayat 33)

6. Asal Mula Kehidupan

Makhluk hidup muncul karena takdir Tuhan, dan jika dihubungkan dengan pikiran ilmiah, maka asal mula kehidupan, diketahui setelah menemukan alat yang bernama mikroskop. Alat ini nantinya akan menemukan makhluk hidup pertama yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an, di Surah Al Anbiya ayat 30.

Berikut isi Surahnya:

“Kami membuat semua makhluk hidup dari air. Akankah mereka tidak percaya?” (QS Al Anbiya :30).

Jadi, sudahkah kamu percaya akan yang namanya Al-Qur’an? Pastinya, bagi orang Islam, bangga akan ciptaan milik Allah, apapun itu. Masyaallah.