Pondok Pesantren Muhammadiyah

Pondok Pesantren Muhammadiyah

Agustus 27, 2023 0 By Yuliarti Selli

Ini Pondok pesantren, sampai sekarang tetap eksis, mengingat orang tua sekarang sudah mulai terbuka dengan yang namanya agama, dan dengan adanya era digital, semua orang tahu rasanya atau benefitnya dari seorang anak pesantren.

Kita ketahui, bawa ciri khas dari Muhammadiyah adalah fokus pada pengembangan pendidikan, terutama sekolah. Dalam dua dekade terakhir, Muhammadiyah mulai mengembangkan yang namanya pesantren dengan konsep Muhammadiyah pastinya.

Fokus Pengembangan Pendidikan

Fokus pengembangan yang ada dalam Muhammadiyah, adalah lebih ke pengembangan pendidikan. Dalam dua dekade ini, Muhammadiyah mulai mendirikan pesantren, dengan ciri khas untuk mengintegrasikan pendidikan umum sekolah dan santri.

Pondok pesantren di bawah naungan Muhammadiyah, sudah tersebar di sejumlah kota maupun kabupaten Indonesia. Untuk status kepemilikan, pesantren ini adalah amal usaha di bawah supervisi pengurus cabang dan pengurus daerah Muhammadiyah (PDM).

Pesantren ini, dalam pola kepemimpinannya bersifat kolektif. Jadi, bukan personal dan terdiri dari direktur (Mudir), dan dewan pengasuh yang dibatasi durasi waktu, seperti jabatan, di pemerintahan.

Data Pondok Pesantren di Muhammadiyah

LP3M PP Muhammadiyah Maskuri menyebutkan, bahwa saat ini data pesantren sudah 380 pesantren. Semua itu, berada di seluruh Indonesia. Data itu, merupakan capaian yang menggembirakan dan lembaga dibentuk pada Muktamar Muhammadiyah ke-47 tahun 2015.

Maskuri, juga mengemukakan bahwa terdapat beberapa jenis pesantren yang ada, ada pesantren integral, nomenklatur baru, dan pesantren dengan model “TrenSains” (Pesantren Sains). Trensains sendiri, merupakan lembaga pendidikan setingkat SMA.

Ragam pesantren Muhammadiyah selanjutnya, adalah pesantren tahfidz, pondok panti asuhan. Dalam biaya pendidikan untuk panti asuhan, terdapat beasiswa penuh untuk SD sampai perguruan tinggi. Bagi masyarakat umum juga bisa.  Contoh panti asuhan Abdul Alim.

Terkait  Urutan Bulan Hijriah dalam Islam, Diantaranya?

Daftar Pesantren Muhammadiyah

Berikut, adalah beberapa daftar pesantren Muhammadiyah yang ada di Indonesia, diantaranya:

1. Madrasah Muallimin & Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Pesantren ini, masuk ke dalam daftar pesantren Muhammadiyah terbaik yang ada di Indonesia. Pesantren ini, termasuk yang paling tertua di Pulau Jawa. Pesantren ini, telah berdiri sejak tahun 1918 dengan nama Qismul Arqa. Pendirinya, adalah KH Ahmad Dahlan.

2. Pondok Pesantren Darul Arqam Garut

Pondok Pesantren Darul Arqam Garut ini, berdiri pada tahun 1976. Letak pesantren, berada di Jl. Raya Garut-Tasikmalaya No. 36 Kp. Sawahlega RT. 01, RW. 02, Desa Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Garut 44181. Tujuan pesantren ini, untuk melahirkan kader tarjih dan atau intrelektual.

3. Pesantren Modern Internasional Dea Malela Sumbawa

Pesantren ini, terbilang modern dan tidak di bawah struktur Muhammadiyah. Pesantren ini, didirikan dan dikelola oleh tokoh-tokoh dan para aktivis Muhammadiyah. Pesantren ini, bertaraf Internasional. Didirikan oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin.

4. SMA Muhammadiyah Trensains

SMA Muhammadiyah Trensains, berada di Sragen, Jawa Tengah. Pesantren ini, bernama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (DIMSA). Trensains, termasuk ke dalam pesantren yang unik, karena mencetak ulama yang paham akan

5. Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Lamongan

Pondok Pesantren ini, masuk dalam salah satu pesantren terbaik Muhammadiyah. Pesanten ini, terletak di Jl. Pondok, Paciran, Lamongan. Didirikan oleh KH. Abd Rahman pada 18 Oktober 1948.

Pondok Pesantren ini, memiliki enam unit pendidikan, MA Muhammadiyah 1 Paciran, SMA Muhammadiyah 6 Paciran, SMK Muhammadiyah 8 Paciran, MTs Muhammadiyah 2 Paciran, SMP Muhammadiyah 14 Paciran, dan MI Muhammadiyah 16 Paciran.

Jadi, itulah ulasan pondok pesantren di Muhammadiyah, beserta contohnya. Terima kasih.