8 Cara Mengatasi Set Top Box Cepat Panas

8 Cara Mengatasi Set Top Box Cepat Panas

Januari 6, 2023 0 By cahaya

Set top box adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap saluran TV digital dan mengonversi sinyalnya menjadi  audio serta visual ke TV analog menjadi lebih jernih. Alat ini membantu kamu mengganti sinyal analog ke digital tanpa perlu mengganti TV. Dengan STB, kamu juga tak perlu lagi menggunakan parabola khusus agar bisa mendapatkan sinyal digital. Misalnya, kamu yang tinggal di daerah Solo, nantinya secara otomatis set top box solo milikmu akan menangkap sinyal tersebut.

Namun, sama seperti perangkat lainnya, set top box juga mudah panas bila digunakan terus menerus. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengatasi Set Top Box Cepat Panas

Ketika set top box panas ditakutkan lama-kelamaan dapat menimbulkan api atau kebakaran. Karenanya, kamu perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengatasinya.

Beli Set Top Box yang Berkualitas

Cara mengatasi set top box cepat panas yang pertama adalah belilah stb yang berkualitas dan original. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk membeli set top box yang resmi dan bersertifikasi dari Kominfo. Tentu, STB yang bersertifikasi Kominfo dijamin berkualitas, original, dan memiliki sistem perangkat yang sudah teruji keamanannya.

Ciri-ciri set top box yang bersertifikasi Kominfo memiliki tanda pengenal berupa logo Siap Digital. Lalu, terdapat gambar si Modi yang merupakan maskot dari Penyiaran Digital Indonesia.

Jauhkan Set Top Box dengan Alat Elektronik Lainnya yang Mudah Panas

tips merawat set top box

Cara mengatasi set top box cepat panas lainnya, kamu bisa jauhkan set top box dari alat elektronik lainnya yang mudah panas, seperti kulkas, televisi, magic com, apalagi alat tersebut sedang dalam keadaan nyala atau sedang digunakan. Sebab, ketika alat elektronik tersebut panas, STB yang terletak di dekatnya akan ikut panas.

Jadi, sebaiknya letakan set top box sedikit jauh dengan alat elektronik agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan Biarkan STB Nyala Terus Menerus

Set top box dapat mengeluarkan suhu panas ketika dinyalakan terus menerus. Selain itu, STB yang digunakan meski sedang menonton TV bisa membuat perangkat cepat rusak. Untuk itu, jika set top box tidak digunakan, sebaiknya matikan saja. Jangan menggunakan set top box terus menerus, kamu bisa memberikan jeda saat menonton TV.

Pastikan Arus Listrik Stabil

Cara mengatasi set top box mudah panas selanjutnya adalah memastikan STB dari arus listrik yang aman dan stabil. Sebab, tegangan listrik pun menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh awet atau tidaknya set top box yang kamu gunakan.

Kamu juga perlu memastikan arus listrik di rumah aman dan stabil agar tak menimbulkan konslet pada set top box yang digunakan.

Gunakan Kipas Pendingin STB

Set top box juga dilengkapi kipas pendingin yang berfungsi untuk menetralkan dan meredam suhu panas dari perangkat. Kipas ini biasanya diletakkan di bawah set top box, tepatnya dijadikan sebagai alas untuk mendinginkan perangkat. Kipas STB juga sudah dilengkapi dengan colokan USB.

USB ini tinggal kamu hubungan ke sumber listrik, kemudian kipas akan terus berputar untuk menjaga set top box tetap dingin. Pendingin ini sudah tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Selain menggunakan kipas pendingin STB, kamu juga bisa meletakkan kipas angin di ruangan. Cukup arahkan kipas ke arah STB. Namun, berikan jarak yang cukup jauh agar kipas angin tidak memengaruhi STB.

Tempatkan Set Top Box di Ruangan yang Memiliki Sirkulasi Bagus

Cara mengatasi set top box mudah panas berikutnya adalah letakan perangkat ini di ruangan yang memiliki sirkulasi bagus. Sebab, ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus memungkinkan STB tidak panas secara berlebihan. Bahkan, panas yang dikeluarkan mesin cenderung stabil sehingga tidak membuat komponennya cepat rusak.

Jangan Menutupi Set Top Box

Banyak yang menutupi set top box dengan alasan menjaga kebersihan perangkat agar awet. Contohnya menutupi set top box dengan kain atau selimut. Faktanya, penutup ini bisa menjadi penghalang bagi udara sekitar untuk menetralkan panas mesin STB.

Panas yang dihasilkan oleh mesin akan terjebak sehingga hanya dalam hitungan menit, set top box akan terasa sangat panas. Jika dibiarkan, perangkat bisa mengalami kerusakan karena mengganggu kinerja mesin sehingga tangkapan sinyal TV digital pun bermasalah.

Untuk itu, jauhkan perangkat dengan penutup dan biarkan tetap terbuka, namun usahakan kamu teratur membersihkannya.

Hindari Menyalakan TV saat STB dalam Kondisi Mati

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna STB adalah menggunakan TV ketika perangkat ini dalam keadaan mati. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam set top box yang menjadi panas dan berpengaruh pada perangkat.

Beli Set Top Box Menggunakan SPinjam

Itu dia cara mengatasi set top box mudah panas. Cara ini perlu diketahui karena set top box yang mudah panas bisa memengaruhi kinerja keawetan perangkat ini.

Bagi kamu yang ingin membeli set top box asli dan berkualitas tapi belum punya uang cash, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan pinjaman online langsung cair di SPinjam di Shopee dengan mengajukan pinjaman s/d Rp12 Juta.

Shopee juga memudahkan dalam pembayaran, yaitu dengan mencicil 3-12 bulan. Yuk, ajukan pinjaman di SPinjam sekarang!