Apa Saja Tanda dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar?

Apa Saja Tanda dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar?

April 18, 2023 0 By Yuliarti Selli

Saat bulan Ramadan tiba, salah satu malam yang paling ditunggu adalah malam Lailatul Qadar. Ada banyak keistimewaan yang bisa didapat, sehingga banyak sekali umat muslim yang tak ingin melewatkannya dan semakin memperbanyak ibadah menjelang malam tersebut.

Namun, satu hal yang menarik dari malam Lailatul Qadar ialah bahwa tak ada satu pun yang mengetahui kapan datangnya momen itu. Tidak dijelaskan secara pasti, bahkan apabila menurut hadits shahih Bukhari.

Tanda Malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW justru mendadak kehilangan ingatan saat hendak memberitahukan waktu kedatangan malam ini kepada umatnya. Hanya ada beberapa pertanda yang bisa menjadi rujukan tentang datangnya Lailatul Qadar.

Meski tidak ada penjelasan pasti mengenai waktu datangnya malam Lailatul Qadar, tapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan tanda. Banyak yang meyakini bahwa malam tersebut akan datang pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan, tepatnya pada malam ganjil.

Selain itu, beberapa ulama juga memprediksi mengenai waktu yang tepat mengenai malam Lailatul Qadar. Misalnya seperti menurut Imam Al-Ghazali yang memprediksi malam penuh keberkahan tersebut terdapat kesesuaian dengan hari pertama dimulainya bulan Ramadan.

Pendapat Para Ulama mengenai Lailatul Qadar

Lalu, ada juga pendapat dari para ulama madzhab Syafi’i yang percaya bahwa malam Lailatul Qadar jatuhnya tepat pada antara tanggal 21 atau 23 bulan Ramadan. Tak sedikit juga yang berpendapat bahwa tanda dari malam tersebut hanya bisa disadari setelah momennya berlalu.

Tanda setelah malam Lailatul Qadar berlalu konon ditandai dengan matahari pagi yang berwarna putih dan cuaca yang menjadi lebih nyaman. Dalam artian cuaca yang tidak begitu panas tapi juga tidak begitu dingin yang membuat nyaman semua orang.

Terkait  Ucapan Turut Berduka Cita untuk Non Muslim dan Muslim

Akan tetapi jarang sekali yang mengetahui dan mengenali pertanda semacam ini. Oleh sebab tidak diketahui secara jelas, umat muslim yang ingin mendapatkan berkah dari malam Lailatul Qadar biasanya akan memperbanyak ibadah saat sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Apa Istimewanya Malam Lailatul Qadar?

Terutama ibadah malam seperti salat, dzikir hingga tadarus Al-Qur’an. Bicara tentang keistimewaan malam tersebut, pastinya ada banyak sekali tapi yang paling utama adalah karena Lailatul Qadar merupakan malam diampuninya segala dosa.

Sehingga apabila setiap umat muslim menjalankan ibadah salat dengan ikhlas dan berharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosa yang lalu pun akan diampuni pula. Malam tersebut juga disebut istimewa karena lebih baik dari malam 1000 bulan.

Apalagi konon saat Lailatul Qadar maka para malaikat berbondong-bondong turun untuk memberikan berkah kepada siapapun yang melakukannya. Salah satu malaikat yang turun tak lain adalah Malaikat Jibril.

Persiapan Mendapatkan Lailatul Qadar

Dengan begitu, akan semakin banyak berkah, doa baik, rahmat yang bisa didapatkan para umat muslim di dunia apabila menjalankannya dengan penuh hikmat. Untuk bisa meraih malam Lailatul Qadar, tentu saja semua harus dipersiapkan dengan baik.

Setidaknya dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadan lakukanlah banyak kebaikan yang akan membawa keberkahan untuk diri sendiri. Mulai dari memperbanyak sedekah, membantu orang lain, salat malam, membaca Al-Qur’an dan sebagainya yang bisa kita lakukan.

Bulan Ramadan yang datang setiap satu tahun sekali jangan sampai terlewat begitu saja tanpa sempat merasakan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari malam seribu bulan ini membawa begitu banyak kemuliaan kepada siapa saja yang mengimaninya.

Dengan mengerjakan setiap kebaikan yang bisa dilakukan, maka bukan tidak mungkin Allah SWT akan senang dan memberikan rahmat-Nya.

Terkait  Cara Membaca Al-Quran yang Baik dan Benar