Daftar Bank Syariah di Indonesia

Daftar Bank Syariah di Indonesia

Februari 7, 2023 0 By cahaya

Bank syariah merupakan bank yang mengadopsi nilai-nilai islam dalam solusi perbankan masyarakat di Indonesia. Dengan menghindari beberapa hal yang dilarang dalam islam seperti bunga dan riba, bank syariah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menabung maupun memperoleh pembiayaan.

Sejarah Bank Syariah

Bank syariah pertama di Indonesia didirikan pada tahun 1991. Bank Muamalat Indonesia merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang berdiri sebagai hasil transformasi dari Bank Pertanian. Pada saat itu, pemerintah Indonesia sedang memperkenalkan sistem perbankan syariah sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Setelah berdirinya Bank Muamalat Indonesia, banyak bank lainnya yang mulai menawarkan layanan perbankan syariah dan membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, bank syariah di Indonesia telah berkembang dan menjadi pilihan yang populer bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Di tahun 1999, bank syariah plat merah berdiri yaitu Bank Syariah Mandiri, kemunculan bank ini diikuti beberapa perbankan plat merah lain yang membuka layanan bank syariah, meski kemudian terhitung sejak 1 Februari 2021 BSM dan bank syariah plat merah lain yaitu BNI Syariah dan BRI Syariah dimerger menjadi Bank Syariah Indonesia.

Daftar Bank Syariah di Indonesia

Berikut adalah beberapa bank syariah di Indonesia

Bank Muamalat

Bank pertama murni syariah, begitulah tagline bank yang didirikan pada tahun 1991 dan menjadi pionir perbankan berbasis nilai islam. Sempat terpuruk beberapa tahun terakhir, pada September 2022 Bank Muamalat berhasil meraih laba bersih hingga 31,61 miliar rupiah.

Bank Muamalat memiliki beberapa produk seperti Tabungan, Muamalat Prioritas, Deposito, Kartu Shar-e Debit, Bansacurrance, Investasi, Pembiayaan dan lain sebagainya.

Terkait  Digital Marketing Resep Sukses Muslim Life Fair Jogja

Bank Syariah Indonesia

Bank yang merupakan merger dari tiga bank syariah plat merah ini merupakan bank syariah terbesar di tanah air. Selain menghindari riba, BSI juga memiliki kemudahan bebas biaya administrasi bulanan.

daftar bank syariah di Indonesia

Laba bersih BSI pada kuartal III 2022 mencapai 3.21 triliun rupiah atau naik 41.31% dibanding tahun sebelumnya. BSI memiliki berbagai jenis tabungan yang dapat digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan seperti; tabungan haji, valas, tabungan bisnis, tabungan efek syariah, tabungan pendidikan, pensiun dna lain sebagainya.

Bank Mega Syariah

Bank syariah swasta yang turut berperan dalam ekonomi syariah adalah Bank Mega Syariah, beberapa layanan yang diberikan antara lain, tabungan, deposito, kredit syariah, kartu kredit, asuransi dan pembiayaan syariah.

Bank Mega Syariah juga memberikan kemudahan transaksi lewat online dan mobile banking.

Bukopin Syariah

Pada tahun 2006, Bank Bukopin melirik kebangkitan ekonomi syariah dengan mendiversifikasi brand dengan mendirikan Bukopin Syariah.

Sejak berdirinya, Bank Bukopin Syariah telah berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu pemain utama dalam industri perbankan syariah di Indonesia. Bank ini memiliki jaringan cabang yang luas dan menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan syariah, seperti deposito, kredit, dan tabungan syariah, serta layanan lainnya yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Bank Bukopin Syariah juga memiliki reputasi yang baik dan diakui sebagai bank syariah yang profesional dan terpercaya di Indonesia. Bank ini bertekad untuk memberikan layanan keuangan syariah yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan nasabah serta memastikan bahwa semua layanannya sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Bank Jago Syariah

Pemain baru di bidang perbankan sekaligus bank digital satu ini juga mengeluarkan Jago Syariah. Berbeda dengan Bank Jago Biasa, disini masyarakt bisa menyimpan uang dengan akad mudharabah. Sebagai bank digital, tentunya bank satu ini berhasil menyedot milenial dan gen-z yang lebih suka cara menabung praktis dengan tetap berlandaskan syariah.

Terkait  Kuliner Halal di Negara Non Muslim (Amerika)

Nah itulah beberapa bank syariah yang ada di Indonesia. Tentunya, kalian bisa memilih bank syariah lain yang berafiliasi dengan bank daerah seperti BPD, BJB maupun bank syariah lainnya.