Begini Cara Atasi Hidung Tersumbat

Begini Cara Atasi Hidung Tersumbat

November 11, 2022 0 By cahaya

Sebagian besar manusia pasti sudah merasakan sakit. Penerimaan ketika sakit tentunya berbeda antara satu orang dengan yang lain. 

Ada orang yang sakit flu atau batuk saja merasa menerima musibah yang besar. Ada pula orang mengidap kanker atau tumor ganas, tetapi merasa lapang, menerima sakitnya dengan sabar karena dia yakin bahwa semua penyakit datang dari Allah dan pasti ada obatnya.

Setiap orang berbeda dalam menyikapinya. Bagi sebagian orang, sakit ringan bisa dirasakan begitu menyiksa sehingga terlihat lebih berat dari semestinya. Akan tetapi, bagi sebagian lagi, sakit berat bisa dirasakan ringan jika hati menerimanya dengan ikhlas.

Secara umum, kondisi sakit mempunyai dua sisi rasa. Namun, yang kerap kita rasakan hanya salah satu sisinya, yakni penderitaan. Sisi lain berapa hikmah dan kenikmatan di balik sakit sering kali kita lupakan. 

Contoh sederhana yang sering banyak dan hampir semua orang mengalami yaitu ketika terserang sakit Flu, yang disertai batuk dan juga hidung tersumbat. Qadarullah….ya ketika rasanya jalan nafas dan saluran nafas kita begitu sesak, mau bernafas harus melalui mulut.

Banyak cara kita tempuh untuk mencari kesembuhan saat sedang sakit, Entah melalui cara medis atau secara herbal.

Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat ?

Hidung tersumbat menjadi masalah umum hampir Setiap orang pernah merasakannya, Lalu langkah apa yang biasa kalian tempuh sebagai cara mengatasi hidung tersumbat

cara mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat terjadi ketika hidung, jaringan sekitarnya, serta pembuluh darah setempat bengkak karena produksi cairan berlebih. Imbasnya, hidung jadi terasa mampet atau tersumbat oleh cairan atau lendir saluran pernapasan. Sebelum mengulas sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat, Kita perlu tau nih apa saja penyebabnya.

Penyebab Hidung Tersumbat

Penyebab hidung tersumbat berasal dari banyak hal diantaranya adalah :

  1. Flu
  2. Infeksi saluran pernapasan
  3. Alergi dingin, Debu, Polusi, Asap dan lain sebagainya
  4. Gangguan Sinus
  5. Infeksi Virus

Terlepas dari penyebab hidung tersumbat, masalah Kesehatan ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan dan pengobatan dirumah yang bisa membantu menghilangkan hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Terdapat beberapa cara atasi hidung tersumbat yang bisa di jajal dirumah nih, antara lain :

Berdo’a

Yang paling utama yaitu berdo’a dengan sungguh- sungguh dan harus yakin bahwa Allah Maha pemberi pertolongan agar hidung kita yang tersumbat atau mampet ini bisa kembali plong untuk bernafas lega.

Kebutuhan cairan

Pastikan kebutuhan cairan kita terpenuhi dengan cara minum air putih secara teratur dan juga cukup, minum wedang jahe, sereh, dan lemon, seruput makanan seperti kuah sup. Kemudian konsumsi buah kaya air seperti, semangka, melon, pir, pepaya dll.

Cara Lain

  1. Mandi dengan air hangat sampai banyak uap hangat yang terhirup dan napas jadi lebih lega
  2. Hirup uap hangat dari semangkuk air panas. Agar uap hangat banyak yang terhirup, tutupi kepala dengan handuk kecil
  3. Gunakan humidifier yang ditetesi minyak esensial pelega pernapasan seperti kayu putih
  4. Letakkan handuk basah yang sudah direndam air hangat dan diperas ke bagian wajah
  5. Cuci hidung dengan air steril (NaCl) atau pembilas khusus hidung
  6. Konsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt, asinan, kimchi
  7. Minta dokter untuk merekomendasikan suplemen yang aman untuk penguat imun seperti zinc, sulfat, echinacea, vitamin C
  8. Minum obat hidung tersumbat sesuai arahan dokter sesuai akar penyebab mendasarnya, misalkan obat anti alergi untuk alergi, obat antibakteri untuk infeksi bakteri, atau semprotan hidung
  9. Saat tidur, atur posisi agar kepala lebih tinggi ketimbang biasanya dengan mengganjal pakai beberapa bantal.
  10. Setelah kita sembuh ucapkan Alhamdulilah, dan banyak bersyukur kepada nikmat Allah SWT yang tiada batas.

Kapan Harus Merujuk ke Dokter?

Jika beragam cara mengatasi hidung tersumbat di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

Terlebih jika hidung tersumbat berlangsung lebih dari dua minggu atau hidung tersumbat memburuk setelah seminggu.  Jangan tunda periksa ke dokter apabila hidung tersumbat disertai demam tinggi, ingus mengental dan berubah warna, atau sesak napas.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita ketika sedang sakit, Sejatinya Obat, Dokter dan macam-macam tumbuhan herbal adalah Karena kuasa Allah SWT.

Beberapa cara diatas adalah media dari Allah SWT untuk mempermudah penyembuhan untuk kita yang sedang sakit. Untuk sakit yang separah apapun dan hingga kita sudah tidak mampu namun ketika “Kunfayakun” Allah berkehendak bisa sembuh dan bahkan bisa kembali pulih seperti semula.

Bagi seorang Muslim yang taat kepada Allah, sakit bukanlah masalah yang banyak menyita pikirannya, karena dia yakin bahwa sakit yang dideritanya akan selalu berakhir dengan kebaikan, sembuh disertai dengan ampunan Allah atau meninggal dengan Husnul khotimah.

Secara medis sakit merupakan suatu peringatan (warning) mengenai tingkat kekuatan tubuh kita. Jika tubuh kita mengalami satu kondisi, kemudian berakibat sakit, hal itu merupakan peringatan agar kita menghindari kondisi yang sama yang dapat menyebabkan sakit tersebut. 

Sakit juga memberi kesempatan kepada kita untuk beristirahat dan berkonsultasi dengan dokter sehingga penyakit yang ada tidak menjadi lebih parah dan sulit diobati. Tak jarang, sakit yang dialami mencegah seseorang agar tidak terkena penyakit yang lebih berat lagi.

Sakit dapat menjadi penggugur dosa. Penyakit yang diderita seorang hamba menjadi sebab diampuninya dosa yang telah dilakukan, termasuk dosa-dosa setiap anggota tubuh.Dengan berbagai sakit yang kita rasakan atau alami saat ini tidaklah sepatutnya kita menggerutu dan lebih baik kita sabar menjalaninya.

Hal itu memang tidak mudah, Apalagi perasaan campur aduk ketika kita sedang sakit tidak bisa tidur nyenyak dan sebagainya. Perbanyak istighfar, Karena sakit menjadi jalan untuk kita kembali lagi mengingat Allah. Karena dalam kondisi ini pada umumnya semua orang akan lemah tak berdaya, Sehingga ia akan bersungguh- sungguh dalam doanya memohon kepada Allah SWT. Sakit juga akan membersihkan kita dari penyakit batin, Insyaallah….

Menjaga pola hidup sehat, Baik secara jasmani maupun rohani, Begitu banyak nikmat Allah SWT yang selama ini lalai kita syukuri. Syukuri keadaan apapun terlebih saat kita sedang tidak sehat maka kita akan memperoleh nikmat serta ampunan dari Allah SWT. Bahwa sesungguhnya Allah SWT yang memberikan sakit, Allah SWT- lah yang akan memberikan kesembuhan Insyaallah.

Semoga beberapa alternatif diatas bisa bermanfaat, untuk sobat yang sekarang sedang sakit hidung tersumbat monggo segera aplikasikan cara yang sudah disebutkan diatas.

Semoga Allah SWT mudahkan, Diberikan kesembuhan, penyakit yang hilang gugur beserta dosa-dosa kita. Allahumma Amin….