Tips Memilih Hewan Kurban Bebas PMK

Tips Memilih Hewan Kurban Bebas PMK

Juli 6, 2022 0 By cahaya

Moment hari raya idul adha sangat di nanti-nanti kaum muslim di seluruh dunia. Namun di tahun ini kita harus cermat memilih hewan kurban bebas PMK agar terhindar dari masalah yang tengah mewabah dan menjadi keresahan di kalangan peternak ini.

Idul Adha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam. Hari ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. 

Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba.

Perintah berkurban telah disebutkan dalam Al Quran dan hadits. Ibadah kurban dilakukan muslim yang mampu saat perayaan Idul Adha.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha akan dilaksanakan 10 Juli 2022, meskipun di Arab Saudi merayakan Idul Adha pada hari Sabtu 9 Juli 2022. Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban dan pelaksanaan ibadah haji.

Pentingnya Memilih Hewan Kurban Sebelum Melaksanakan Kurban

Menjelang Idul adha, hewan kurban sangat dicari orang muslim harus diakui setiap tahunnya harga hewan kurban terus meningkat.

Persyaratan Hewan Kurban Yang Sah Di Mata Allah SWT

Namun, jangan pernah sembarang memilih hewan kurban, hanya karena harga hewan kurban tersebut murah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum berkurban. 

Baca Juga Perbedaan Aqiqah dan Kurban

Jika hewan kurban yang dipilih tidak sesuai persyaratan, maka berkurban tidak akan sah di mata Allah SWT. 

Lalu seperti apa hewan kurban yang baik untuk dikurbankan? Berikut akan dijelaskan syarat-syarat hewan kurban sesuai dengan syariat islam.

  • Hewan kurban yang dianjurkan harus berupa hewan ternak, contohnya yaitu sapi, kambing, unta dan domba.
  • Hewan-hewan tersebut telah memasuki usia yang dituntut oleh syariat islam yaitu berusia setengah tahun dan berusia satu tahun.
  • Hewan kurban milik sendiri, bukan milik orang lain apalagi hasil merampok. Jika memang milik orang lain, Anda sudah mendapatkan izin kepemilikan dari orang tersebut.
  • Hewan kurban tidak boleh cacat sama sekali dan tidak memiliki penyakit. Cacat yang dimaksud adalah seperti buta pada mata, pincang, terlalu kurus atau cacat lainnya yang benar-benar terlihat.
  • Waktu penyembelihan hewan kurban harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika dilakukan sebelum atau setelah waktu tersebut, maka penyembelihan tidak akan sah.
Terkait  10 Aplikasi Android Islami yang Bisa Dicoba

Untuk berkurban pastikan Kondisi hewan dalam keadaan sehat, dan berkualitas, terhindar dari wabah.

Tips Memilih Hewan Kurban Bebas PMK

Seperti yang ramai terdengar di telinga masyarakat baru-baru ini yaitu wabah PMK, Wabah yang cukup meresahkan para peternak. Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) tengah memicu kekhawatiran, Wabah ini menyerang hewan berkuku , termasuk sapi dan kambing.

Hewan kurban yang aman dari virus PMK akan menampakkan kondisi fisik yang bagus sebagai salah satu indikatornya.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips memilih sapi dan kambing di tengah wabah PMK yang bisa Anda terapkan untuk keperluan kurban:

  1. Melakukan pengecekan terhadap fisik calon hewan kurban yang akan dibeli.
  2. Meminta penjual hewan kurban agar membawa calon hewan kurban berjalan untuk melihat tingkat kelesuan atau kelemasan calon hewan kurban.
  3. Memeriksa kuku dan kaki dari calon hewan kurban, apakah melepuh atau tidak.
  4. Mencoba untuk memberi pakan caloh hewan kurban serta memeriksa seluruh lubang tubuh dan mata.
  5. Memeriksa cermin hidung dari calon hewan ternak, apakah kering atau tidak. Jika kering, ada indikasi bahwa hewan tersebut demam atau sakit.

Selain itu, tips memilih hewan kurban di tengah wabah PMK yakni usahakan membeli hewan kurban pada pedagang yang mau memberikan jaminan atau garansi pada ternak yang diperjualbelikan.

Masyarakat juga dihimbau waspada apabila hewan ternak untuk kurban yang dibeli nantinya menunjukkan gejala sakit PMK, dan memastikan penjual bersedia untuk mengganti dengan ternak lain yang sehat.

Opsi selanjutnya, sangat disarankan untuk membeli hewan ke pedagang yang besar. Risiko sedikit lebih aman membeli hewan kurban di pedagang yang memiliki banyak hewan ternak.

Mereka akan sangat menjaga kesehatan ternak-ternaknya agar tidak sampai tertular penyakit karena akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan ketika akan memilih hewan kurban yang berkualitas dan juga sehat sesuai syariat islam.

Terkait  Ucapan Turut Berduka Cita untuk Non Muslim dan Muslim

tips memilih hewan kurban bebas pmk

Salah satu lembaga yang cukup concern mengenai ini adalah DD Farm, DD Farm adalah unit usaha Dompet Dhuafa yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Dalam mengantisipasi wabah PMK, DD Farm menetapkan proses karantina untuk hewan yang akan masuk ke kandang selama 1 minggu.

Selain itu DD Farm juga melakukan lockdown kandang sehingga untuk para pembeli hewan kurban, dapat memilih hewan kurban mereka melalui aplikasi, informasi foto, berat hewan dan detail lain akan disampaikan melalui website maupun whatsapp.

Ketelitian dan pengamatan sangat diperlukan karena mengingat berkurban untuk dibagikan kepada orang banyak. Sehingga kualitas harus diperhatikan agar tidak menimbulkan dampak buruk pada semua orang.