Contoh Teladan Nabi Muhammad SAW untuk Anak Kita. Diantaranya?

Contoh Teladan Nabi Muhammad SAW untuk Anak Kita. Diantaranya?

September 5, 2022 0 By Yuliarti Selli

Keluarga merupakan pondasi utama dalam mendidik anak-anak, apalagi Ibu, madrasah utama bagi anak-anak. Jadi jangan sampai memilih ibu-, dan kalau bisa anda sebagai Bapak atau pemimpin rumah tangga mampu mengayomi atau memberikan arahan anggota keluarga ke hal yang baik.

Dalam menghadapi anak-anak, memang Rasulullah SAW memberikan banyak tips melalui contoh-contoh teladan beliau selama hidup di dunia. Tips-tips ini nantinya mampu melalui masa-masa sulit dalam menangani anak-anak yang rewel atau tidak taat aturan.

Diantaranya? berikut ini penjelasannya:

1. Memiliki iman yang penuh memunculkan kebaikan dalam rumah tangga

Maksudnya adalah, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dalam HR At-Tirmidzi, yang mana “Sesungguhnya di antara orang-orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya dan paling baik kepada keluarganya”.

Nah, ini bisa disimpulkan bahwa iman dalam keluarga harus berjalan secara beriringan atau seimbang. orang tua memiliki hak atas anak, begitu juga dengan anak memiliki hak akan perhatian maupun nafkah dari orang tua sebelum dipisahkan oleh suatu hal.

2. Membesarkan anak agar sholeh atau sholehah

Ini merupakan jalan pintas yang utama agar selamat di dunia maupun akhirat. Salah satu kesuksesan dalam dunia adalah dengan mendapatkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warrohmah, maupun anak sholeh sholehah. Caranya pastikan tanamkan mulai dini agama Islam itu seperti apa yang baik.

Dalam mengasuh anak tidak disalahkan dengan bermain atau sambil bermain. Hal ini membawa dampak positif bagi anak, entah secara karakter maupun psikologis. Seorang anak jangan lupa untuk diawasi selama bermain, takutnya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Orang tua harus menahan diri dalam memarahi anak-anak

Maksudnya adalah, kadang anak membuat kita jadi tidak sabaran dan ingin marah terus, maka kata kuncinya adalah sabar. Rasulullah dianggap terbaik dalam memuliakan keluarganya. Nabi Muhammad SAW selalu menunjukkan rasa sayang dan cinta bagi orang-orang terdekatnya, terlebih keluarganya.

Terkait  Mengapa Islam Membolehkan Poligami?

teladan nabi mendidik dan menyayangi anak

Perlakuan Nabi ini tidak sama dengan laki-laki yang ada pada masanya, yang mana suka menunjukkan kelembutan pada keluarga dan anak-anaknya, memang harmonis yah. Dicoba memahami satu sama lain. Beliau selalu mendengarkan apa yang anak bicarakan dengan baik tanpa mengabaikan perasaan.

4. Selalu mencium dan mengusap kepala anak-anak

Jadi, beliau atau Nabi Muhammad selalu mencium dan mengusap kepala anal-anak dengan baik dan lembut penuh rasa cinta, kasih sayang. Beliau selalu menanyakan keadaan anak-anak apakah masih baik-baik saja atau bagaimana.  Beliau tidak membentak anak yang sedang mengganggu sholatnya.

Rasulullah SAW melarang kita untuk berdusta kepada anak, hanya demi menjaga dan menghormati perasaan mereka. Rasulullah suka bercerita kepada anak mengenai perjuangan beliau dan para sahabatnya dalam memerangi hal buruk di jalan Allah (jihad).

5. Mengajak anak-anak ke majlis

Walaupun masih kecil, Nabi Muhammad tetap mengajak anak-anaknya ke majlis untuk mendapatkan ilmu dari para tokoh maupun orang-orang dewasa. Hal ini sebagai bentuk pembelajaran bagi anak akan Islam dan termotivasi untuk mempelajarinya.

Sebagai seorang Ayah, Nabi Muhammad turut serta dalam suka duka anak, yang mana dalam ikut bermain, hingga empati akan perasaan yang mereka alami (yang berkaitan dengan kejiwaan mereka). Beliau melarang para orang tua untuk memukul anak-anak di wajahnya.

6. Mengajarkan Al-Quran

Jadi, adanya Al-Quran dipakai, untuk dipelajari semua umat, termasuk anak-anak. Dengan secara dini diajarkan membaca Al-Quran, maka nantinya mencetak anak-anak yang hafidz akan Al Quran beserta pengaplikasiannya yang baik di dunia.

teladan nabi mengajarkan alquran pada anak

Rasulullah juga mengajarkan doa bagi anak dan beliau mewanti-wanti para orang tua lewat contoh teladannya, dengan menganjurkan semua orang tua mendoakan anak-anaknya, agar luluh hatinya dan semakin dekat dengan Allah, menjadi anak yang sholeh sholehah. Aamiin.

Terkait  Belajar dengan si Kecil, Ini Manfaat Lagu Edukasi Untuk Anak!

Itulah penjelasan mengenai contoh teladan Rasulullah SAW yang bisa dilihat dari 6 poin atas. Semoga bermanfaat, ilmu barokah, dan kebaikan selalu mengalir. Aamiin.