Ide Takjil Ngabuburit di dalam Rumah!

Ide Takjil Ngabuburit di dalam Rumah!

Maret 15, 2023 0 By Yuliarti Selli

Ngabuburit, menjadi hal yang identik dalam bulan puasa, yaitu Ramadhan. Ngabuburit, dianggap sebagai kegiatan pengisi sebelum memasuki buka bersama. Dari ngabuburit, kita bisa mengisi kekosongan dengan mengobrol, maupun bertemu orang tersayang untuk diajak makan dan diajak cari makanan.

Ini, menjadi salah satu tradisi yang turun menurun di Indonesia. Takjil, bisa didapat dari sini, dan makanan ringan, maupun berat lainnya. Banyak makanan maupun minuman, disajikan di bazar atau tempat tajil. Dan setiap daerah pasti ada, dan memiliki ciri khas masing-masing.

Ingat, ngabuburit tidak harus di luar rumah, tetapi bisa di dalam rumah, dengan membuat takjil. Berikut ini, adalah ide menunya:

1. Es Bongko

Hidangan khas Pontianak ini, sangat terkenal di wilayahnya, dan akhir-akhir ini viral di internet. Menu kudapan ini, memiliki isi bongko (adonan tepung hunkwe), disiram dengan kuah (terdiri dari campuran gula merah dan santan). Dari sini, rasa manis yang didapatkan dan terasa gurih di lidah.

Bahan yang diperlukan, diantaranya 1 bungkus sagu mutiara, 1 bungkus tepung hunkwe, 80 gram gula, 800 ml air pandan, 500 ml santan, 200 gram gula jawa, Garam, Daun pandan, dan 700 ml santan. Untuk penyajian secara dingin, bisa tambahkan es atau masukkan ke dalam kulkas.

2. Pisang Goreng Madu

Takjil satu ini, lebih ke camilan yang mana terdiri dari bahan utama berupa pisang, yang digoreng. Hidangannya, ditambah topping atau rasa agar tidak bosan dan menarik, agar tidak biasa. Salah satunya, bisa dilapisi madu.

Disini, rasa manis yang dihadirkan tidak terlalu pekat, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya 100 gram tepung pisang instan, 1 sdm gula, 2 sdm madu, 150 ml air (disesuaikan sesuai selera), dan pisang raja. Gampang kan?

Terkait  Pasar Ramadhan, yang Ada di Kota Jogja, Cek!

3. Brulee Bomb

Namanya modern, tetapi pada akhirnya ini adalah salah satu camilan milik Indonesia, yang diprakarsai oleh Mama Gigi atau Nagita Slavina. Camilan ini sedang viral, dan terbilang mahal. Dari sini, banyak yang ingin mengkreasikan ide menu, dengan harga yang terjangkau.

Camilan ini, diketahui mirip dengan makanan khas dari Belanda, yaitu Bitterballen. Perbedaannya, lebih ke isinya, yang mana brulee bomb lebih ke isi yang ditambahi parutan keju. Anggap saja, mirip dengan kroket. Bahan-bahannya, bisa dimulai dari 1 sdm margarin, ½ bawang Bombay, 2 siung bawang putih.

4. Buko Pandan

Buko Pandan, adalah desert (makanan penutup) yang mana lagi viral belakangan ini. Bahan utamanya, menggunakan agar-agar sebagai bahan utamanya. Rasa yang dominan adalah rasa pandan, dan campuran susu.

Bahan-bahan yang digunakan, 60 gram sagu mutiara, Pewarna makanan warna hijau, 1 sachet agar-agar atau jelly, 5 sdm gula, 600 ml air, agar-agar merek Nata de Coco, Selasih, Daging kelapa, Susu kental manis, 380 ml atau 1 kaleng susu evaporasi, 200 ml air kelapa, Pasta pandan, dan Keju parut.

5. Kolak Pisang & Ubi

Kalau tadi, pisang dibuat garingan, sekarang pisang dibuat berkuah, dengan adanya santan dan tambahan ubi. Namanya kolak, yang mana rasanya sangat menyegarkan saat disantap, tanpa menghilangkan ciri khas rasanya. Kuah manis, dari gula aren, alami, jawa.

Cocok untuk buka puasa, dengan aroma pandan yang sangat menyengat, membuat hidung terasa nyaman. Iarisan pisang atau ubi yang ada, kaya akan gizi baik bagi kesehatan tubuh. Cara membuatnya, juga mudah dan cepat. Pakai bahan pisang raja, juga bisa.

6. Es Blewah

Es Blewah, sangat enak disantap jika sedang haus-hausnya, dan minuman ini identik hanya ada di bulan Ramadhan secara kebanyakan. Berdasarkan musim buahnya, memang limited (terbatas). Buah Blewah ini, dulunya dari Belanda, kaya akan air dan serat, membuat berbuka puasa jadi nikmat.

Terkait  Ini Lho Oleh-Oleh Khas Haji dan Umrah

Bahan-bahan yang diperlukan, 1 buah blewah diserut, Sirup rasa jeruk atau cocopandan (sesuai selera), 10 sdm gula dicairkan, Es serut atau es batu, Air putih, dan biji selasih. Tidak pakai biji selasih juga tidak apa-apa, tergantung selera.

Itulah, 6 ide takjil ngabuburit yang bisa dicoba di rumah!