Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Lambung

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Lambung

Maret 12, 2023 0 By cahaya

Salah satu manfaat kurma adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ketika berpuasa perut kosong dan terkadang membuat asam lambung naik. Ya, sakit lambung merupakan kondisi tubuh yang ditandai dengan beberapa gejala munculnya masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Lantas apakah benar kurma memiliki manfaat untuk kesehatan lambung? Salah satu manfaat mengkonsumsi kurma adalah dapat mengatasi masalah lambung. Kandungan sejumlah nutrisi dalam kurma yang baik untuk sistem pencernaan seperti mengandung serat tinggi.

Serat merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebuah riset membuktikan mengkonsumsi kurma secara rutin selama tiga minggu dapat memicu pergerakan usus menjadi lebih lancar. Dibandingkan mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsi buah kurma.

Selain menambah energi, buah kering yang lezat dan kecoklatan ini memang sudah banyak peminatnya karena kandungan gizinya. Kurma juga dikatakan berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah lambung dan pencernaan diantaranya

Mencegah Perut Kembung

Kandungan gula alami di dalamnya, merupakan jenis karbohidrat yang dapat dicerna secara lambat. Mengkonsumsi kurma secara rutin memungkinkan lambung mencerna secara perlahan sehingga meminimalisir perut kembung.

Mencegah Sakit Maag

Sebuah penelitian dalam jurnal middle East journal of digestive disease pada tahun 2015 mengatakan bahwa kurma berkhasiat mencegah sakit maag. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kurma memiliki potensi efek pereda nyeri akibat sakit maag pada 12,3 persen peserta yang berpartisipasi.

Mengatasi Tukak lambung

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology, kandungan buah kurma juga bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung. Tukak lambung merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung yang berlebihan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada potensi perbaikan kerusakan pada lambung tikus yang mengkonsumsi sari kurma dengan konsentrasi 60 persen. Meski demikian, penelitian tersebut baru diuji coba oleh tikus dan membutuhkan penelitian lebih lanjut efeknya terhadap manusia.

Terkait  Tradisi Puasa Non Muslim di Berbagai Agama. Apa Saja?

Mencegah Sembelit

Sembelit melilit, duh emang gak enak banget ya. Perut menjadi mulas dan begah karena susah BAB. Akibatnya tubuh kurang asupan serat nih, siapa yang kurang suka makan buah dan sayur ? Kekurangan serat membuat BAB tidak lancar hingga sembelit.

Mengkonsumsi kurma 2-3 butir kurma setiap pagi saat perut masih kosong dapat mengatasi perut sembelit. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu pergerakan usus dan mengarahkan ke pembentukan tinja normal pada orang yang kesulitan buang air besar.

Waktu Terbaik Konsumsi Kurma

manfaat kurma untuk kesehatan lambung

Demi mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi kurma secara maksimal dan optimal. Khasiat kurma akan lebih baik jika di santap di waktu- waktu tertentu. Namun dalam mengkonsumsi juga tidak perlu berlebihan. Simak waktu terbaik konsumsi kurma.

Saat Berbuka Puasa

Tentu tahu bahwa Nabi mengajarkan untuk makan kurma saat berbuka puasa, ternyata ada alasannya, kurma mengandung karbohidrat sederhana yang dapat mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Dibanding sumber karbohidrat lain seperti nasi dan kentang, kurma lebih mudah dicerna lambung yang mengalami kekosongan makanan setelah berpuasa

Saat Sarapan

Kurma menjadi salah satu cara terbaik untuk menambah energi di pagi hari. Karena kurma memiliki rasa manis dan serat alami yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Camilan Sore hari

Kandungan serat dan gula alami, perpaduan gula dan serat ini mencegah kenaikan gula darah dan membuat tubuh tidak cepat lemas.

Cocok menjadi cemilan asyik di sore hari. Temen ngemil yang ciamik dan menyehatkan.

Saat Perut lapar

Saat perut keroncongan, pas banget konsumsi makanan yang enak dan menyehatkan. Kurma mengandung kalori yang terkonsentrasi dan cukup mengenyangkan karena kandungan seratnya tinggi. Beberapa butir buah kurma dikonsumsi saat lapar dapat mencegah rasa lapar tersebut.

Terkait  Salat Tahajud saat Ramadhan, Apa Boleh?

Sebelum Olahraga

Kandungan gula dan karbohidrat yang lambat dicerna lambung bisa membuat gula darah tetap stabil, dan menambah energi saat berolahraga. Cobalah untuk mengkonsumsi 2-4 kurma pada 30- 60 menit sebelum olahraga.

Camilan di malam hari

Kandungan serat yang tinggi bila dikonsumsi pada malam hari dapat membuat perut tetap kenyang dan mencegah lapar tengah malam.

Jadi sudah tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi kurma bukan?