Masjid Jogokariyan, Masjid Yogyakarta yang Cukup Terkenal di Indonesia

Masjid Jogokariyan, Masjid Yogyakarta yang Cukup Terkenal di Indonesia

Maret 18, 2023 0 By Yuliarti Selli

Kenapa terkenal? Karena dari manajemen dan acara yang diusung memiliki nilai unggul dan kebaikan untuk memajukan Islam secara digital. Bagaimana tidak? di berbagai aspek yang ada, bisa menggambarkan hal tersebut.

Dilihat dari sejarahnya, masjid ini dulunya adalah sebuah langgar, yang mana berada di Kampung Pinggiran Selatan Yogyakarta. Memiliki logo dengan memakai tiga bahasa, diantaranya Arab, Indonesia, dan Jawa. Desain yang ada, tanpa menghilangkan akar budaya yang ada.

Untuk tahu lebih lanjutnya, berikut ini!

Manajemen Masjid yang Modern

Masjid ini, menerapkan manajemen yang berpatok pada zaman Rasulullah, untuk masa kini. Cara pengaplikasiannya, dilakukan secara inovatif, sehingga diterima oleh masyarakat. Terdapat juga, kajian mingguan, dengan berbagai materi yang siap dikupas.

Dimulai dari hari Senin, Selasa, Kamis, dan Ahad. Ilmu dan sahabat baru, bisa didapatkan di setiap kajian. Terdapat tempat menginap tamu masjid di kompleks Masjid Jogokariyan secara syar’i. Dengan fasilitas cukup memadai, bisa menikmati pemandangan jogja dari lantai 3 Masjid Jogokariyan.

Program Unggulan yang Ada

Terdapat, program unggulan yang ada, dan bisa dilakukan maupun disimak, dengan baik:

1. Peta Dakwah & Infaq Nol Rupiah

Peta dakwah yang dimiliki, jelas dengan wilayah kerja yang nyata. Kemudian, jama’ah yang ikut, juga terdata. Amanah infaq yang ada dari jamaah, kembali ke jamaah lagi, hanya saja, dalam bentuk pelayanan beribadah dan nyaman.

2. Shodaqah ATM Beras

Nama programnya, cukup unik, dimana jama’ah masjid, bersama-sama menghimpun beras untuk dishodaqahkan ke yang membutuhkan. Hal tersebut diberikan dalam kotak beras, dan disalurkan melalui kotak ATM beras.

3. Mensholatkan Orang Hidup

Program ini aneh, tapi nyata, dimana memberikan pelatihan salat kepada warga yang masih belum bisa untuk salat. Sehingga dari situ, warga tersebut tidak malu, atau mau ke masjid untuk salat dan menjalankan kewajibannya dengan benar. Salat berjamaah, pahalanya juga baik..

Terkait  Doa Salat Hajat, Selama dan Setelah

4. Kampoeng Ramadhan

Kampung Ramadhan, hanya hadir selama bulan Ramadhan, dengan menyajikan event besar. Terdapat juga program Gerakan Jamaah Mandiri, yang mana memiliki jobdesk menaikkan infak pekanan masjid,  hingga 400%. Jadi memang, sangat unik.

5. Sebagai Studi Banding

Jadi jangan dikira, jika masjid ini tidak dijadikan tempat penelitian atau berkunjung. Masjid ini, dijadikan studi banding oleh para akademisi, untuk tahu lebih lanjut mengenai program yang ada. Masjid kampung ini, memiliki prinsip kerja yang bagus.

Alamat Masjid Jogokariyan

Masjid ini, terletak di Jalan Jogokaryan, No. 36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DIY. Masjid ini, menjadi salah satu masjid yang ramai dikunjungi orang saat subuh. Latar belakang dari masjid ini, dimulai dari berdirinya bulan Agustus 1967.

Tanah dari masjid ini, memiliki luas 600 m2 dan dibeli oleh masyarakat atas bantuan pengusaha batik. Pengusaha tersebut, tergabung dalam Koperasi Batik Karang Tunggal dan Koperasi Tenun Tri Jaya. Ide pembangunan masjid, dimulai dari H. Jazuli yang kebetulan memiliki rumah di kampung Jogokariyan.

Niat beliau, kemudian disampaikan ke tokoh masyarakat. Dimulai dari Bapak Zarkoni, Bapak Abdul Manan, KRT Widyodiningrat, Ibu Margoni, H. Amin Said, Bapak Hadits Hadi Sutarno, dan beberapa tokoh lainnya.

Diketahui, masjid Jogokariyan, ditetapkan sebagai salah satu masjid percontohan yang baik, dalam bidang pengelolaan masjid (idarah). Dan hal itu, sudah ditetapkan di tahun 2016 oleh Kemenag. Hal ini, didasarkan pada seleksi yang disesuaikan dengan kriteria.

Itulah, penjelasn mengenai Masjid Jogokariyan, semoga bermanfaat.