Kultum Singkat untuk Sehari-hari

Kultum Singkat untuk Sehari-hari

Juli 24, 2023 0 By Yuliarti Selli

Kultum singkat, menjadi pengingat bagi kita, seorang muslim, untuk selalu ingat kepada Allah, beserta ibadahnya. Kultum singkat, juga memberikan kita kepercayaan diri dan memotivasi untuk terus jadi lebih baik lagi.

Kultum, bisa diadakan dimana saja, terpenting dalam acara baik, yang memang mengusung tema Islam. Kemudian, kultum juga bisa dilihat lewat televisi maupun media online. Jadi, kita tidak harus ke tempat langsung untuk mendapatkan kultum. Kita, bisa mendapatkan 2 kegiatan sekaligus.

Apa itu Kultum?

Salah satu ibadah, yang berupa pengajian atau ajaran, pengingat, bagi umat Islam, dan disampaikan oleh seseorang yang ahli agama (bisa ustadz, ulama, dan lain-lain). Anggap saja, kultum menjadi pelengkap dalam ibadah salat, dan lain sebagainya.

Kegiatan dalam menjalankan ibadah salat bukan hanya sekadar mendirikan salat berjamaah, tapi juga ada ibadah pendukung lainnya. Tausiyah, dan ceramah, juga ada kultum di akhir acara. Jadi, disesuaikan dengan pengaturan acara.

Adanya kultum, juga bertujuan agar hidup sehari-hari terasa bermakna dan terarah bagi umat muslim. Memberikan manfaat, dalam kehidupan bertetangga, sehari-hari. Kultum singkat, bisa menjadi pilihan kita, dalam berkendara, maupun kegiatan ringan lainnya, yang penting masuk.

Contoh Kultum Singkat

Berikut, adalah contoh kultum singkat, yang bisa kita dengar atau baca sehari-hari:

1. Tema Akhlak

Berikut, ceramahnya:

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Saya menyerukan kepada hadirin secara umum dan diri pribadi khususnya untuk senantiasa bertakwa kepada Allah Swt, Sang Penguasa Alam dan Maha Mengetahui.

Hadirin rahimakumullah, hari ini saya akan menyampaikan kultum tentang bagaimana kita perlu menghiasi diri dengan akhlak.

Sesungguhnya akhlak mulialah yang digunakan oleh Rasulullah Saw. sebagai senjata untuk menundukkan orang kafir.

Kemudian tersebarlah syariat Islam di seluruh Jazirah Arab kala itu, hingga tersebar sampai seluruh penjuru dunia.

Terkait  Konsep Tauhid dalam Ajaran Bible

Rasulullah Saw. bersabda yang artinya:

“Iman seorang mukmin yang paling sempurna ialah mukmin yang paling baik budi pakertinya.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, coba kita introspeksi diri masing-masing. Sudah sempurnakah akhlak kita? Karena iman, seseorang bisa kita nilai dengan melihat budi pekertinya.

Derajat seseorang tidak bisa sempurna jika tidak disertai akhlak yang mulia. Dengan akhlakul karimah atau akhlak yang terpuji, banyak hikmah yang bisa kita peroleh.

Antara lain dimudahkan segala urusan yang sulit, kita juga akan terhindar dari permusuhan dan disenangi banyak orang.

Sekian kultum singkat tentang akhlak ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam menyampaikan kultum.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

2. Tema Sedekah

Berikut, adalah ceramahnya:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang sedekah menurut ajaran Islam.

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang sangat ditekankan dalam Islam.

Sedekah berasal dari kata “sadaqah” yang berarti memberi atau mengeluarkan harta untuk kepentingan orang lain tanpa mengharapkan balasan.

Sedekah bukan hanya berupa harta, namun juga bisa berupa tenaga, pikiran, atau waktu.

Allah Swt. berfirman dalam Alquran,

“Dan apa yang kamu berikan sebagai sedekah adalah untuk dirimu sendiri, sedang kamu tidak memberikan melainkan karena mencari keridhaan Allah.” (QS. Al-Baqarah: 272)

Sedekah memiliki banyak manfaat, di antaranya:

Mendapatkan pahala dari Allah Swt. membersihkan harta dari sifat kikir dan pelit, meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

Membantu mengurangi kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin, menjadi sumber keberkahan dalam hidup.

Oleh karena itu, mari kita biasakan untuk selalu bersedekah, sekecil apapun sedekah yang kita berikan, karena Allah Swt. tidak melihat besarnya sedekah, namun melihat niat dan kesungguhan hati dalam memberikan sedekah.

Terkait  Resolusi Tahun Baru? Ketahui, sebelum Masuk Tahun 2023!

Demikianlah kultum singkat tentang sedekah menurut ajaran Islam. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terdapat, kultum-kultum lain, yang bisa dicari di internet, mulai dari tema hari akhir, tentang kebaikan dan kejujuran, kebaikan dan sifat rendah hati, perintah salat, sabar, dan lain sebagainya. Terpenting, dengan sering membaca maupun mendengarkan kultum, maka kita selalu mengingat Allah, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.