Surat Pendek dalam Juz ‘Amma . Cek!

Surat Pendek dalam Juz ‘Amma . Cek!

Juli 21, 2023 0 By Yuliarti Selli

Surat pendek, menjadi bacaan yang sering dan mudah dihafal oleh khalayak ramai. Surat pendek, identik dengan Juz ‘Amma, yang mana terdiri dari 30 surat pendek. Tetapi, untuk ulasan disini, hanya beberapa surat pendek, diambil dari yang paling banyak dibaca oleh orang.

Tuntunan ini, bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi anak-anak atau yang sedang belajar membaca Al-Qur’an. Semoga, dengan ulasan di bawah ini, ada yang bermanfaat. Surat pendek, bisa dijadikan bacaan sehari-hari, seperti salat, doa sebelum tidur, dan lain sebagainya, yang memiliki makna masing-masing.

Mengenal tentang Juz ‘Amma  sendiri

Juz ‘Amma , adalah juz ke-30 (terakhir dalam Al-Qur’an), dengan banyak surat memiliki ayat pendek. Bisa kita lihat, dengan diawali oleh surat An-Naba’ dan diakhiri oleh surat An-Naas. Sebagian besar, surat pendek dalam juz ini, merupakan surat Makkiyah (surat diturunkan di kota Makkah).

Surat Makkiyah, bisa dilihat dalam surat Al-Ikhlas, Al-Kautsar, An-Naas, dan lain sebagainya. Surat Madaniyah (surat yang diturunkan di kota Madinah), meliputi surat Al-Bayyinah, surat Az-Zalzalah, dan surat An-Nasr. Ciri surat Makkiyah, adalah ayatnya pendek.

Tatanan kalimatnya, juga indah, dan enak didengar. Isi surat Makkiyah, lebih menyentuh, dan memiliki deretan ayat dengan sifat yang kuat dan tidak terbantahkan. Ciri-ciri dari surat Madaniyah, adalah memiliki ayat yang panjang, dengan memakai kalimat, ungkapan yang menjelaskan syariat.

Kandungan dalam Juz ‘Amma

Terdapat surat pendek dalam Juz ‘Amma , yang memiliki ayat dengan jumlah banyak, yaitu surat An-Nazi’at. Terdapat, 46 ayat dalam surat ini. Untuk surat pendek, yang memiliki jumlah ayat yang sedikit, adalah surat Al-Kautsar yang jumlah ayat 3.

Setiap surat yang ada dalam Juz ‘Amma , memiliki mempunyai pokok bahasan yang penting, berdasarkan isi yang ada. Terdapat beberapa surat yang membahasa tentang keesaan Allah SWT, bisa kita lihat dalam surat Al-Ikhlas.

Terkait  Doa setelah Salat Duha, Apa Saja?

Terdapat juga, surat yang mengartikan perintah dari Allah, kepada manusia, untuk membaca (iqra) dan menulis, pada surat Al-Alaq. Ada juga, surat yang menceritakan tentang kisah dari suatu kaum, yang mendapatkan siksaan karena berbuat kufur, pada surat Al-Kafirun.

Metode Pengenalan Juz ‘Amma

Tidak langsung, anak atau pemula bisa baca Al-Qur’an dengan fasih. Kita bisa mengenalkannya dengan bacaan surat pendek dalam Juz ‘Amma . Kita bisa mengenalkannya, dengan melakukan beberapa metode pembelajaran agar cepat dimengerti.

Metode Kaisa, dianggap bisa dijadikan metode dalam mengenalkan bacaan ini, dimulai dari membaca sambil disertai gerakan anggota tubuh. Gerakan, dibuat berdasarkan arti dari ayat itu sendiri, dan bisa diaplikasikan untuk anak TK.

Metode ini, sangat mempermudah anak dalam mengenal bacaan beserta isinya dalam surat pendek di Juz ‘Amma . Pendukungnya, surat pendek gampang dihafal, karena jumlah ayatnya yang sedikit, atau tidak terlalu banyak.

Juz ‘Amma , menjadi Rekomendasi Terbaik untuk Anak-anak

Maksudnya, untuk hafalan anak-anak, karena lebih ringkas, dan terfokus pada bacaan yang pendek dan mudah dimengerti. Mudah dihafal, karena banyak variasi bacaan pendek, yang bisa dicoba dan diulang-ulang untuk dihafal.

Ada beberapa surat, yang cocok untuk bacaan salat, diantaranya surat An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nasr, Al-Kafirun, Al-Kautsar, Al-Ma’un, Al-Quraisy, Al-Fiil, Al-Humazah, Al-Asr, At-Takatsur, Al-a’la, Al-Qari’ah, Al-Adiyat, Al-Zalzalah, Al Qadr, At-tin, Al-Alaq, Al-Bayinah, At-Tin, Al-Insyirah, Ad-Duha.

Ada juga, surat Al-Lail, Asy-Syams, At Thariq, Al Infitar, Al Balad, dan Al Ghaasyiyah. Itulah, surat pendek yang ada dalam Juz ‘Amma , pastikan anak Bunda, atau anda sebagai pemula, paham, bahwa untuk memahami surat yang ada dalam Al-Qur’an, kita perlu mengenal yang namnya tartil, dan baru membaca.

Terkait  Shalawat Jibril, Lafaz dan Manfaatnya

Setelah itu, menghafal dan mengerti maknanya.