Kuliner Timur Tengah di Indonesia, yang Wajib Dicoba!

Kuliner Timur Tengah di Indonesia, yang Wajib Dicoba!

November 21, 2022 0 By Yuliarti Selli

Salah satu kuliner yang disuka kebanyakan orang akhir-akhir ini adalah kuliner Timur Tengah. Kuliner tersebut sudah ada saat Islam masuk ke Indonesia, terutama untuk Arab. Orang Timur Tengah, tidak hanya membawa pengaruh secara agama, tetapi kulinernya juga.

Kuliner yang ada, dimasak ala-ala Indonesia dan ada yang asli tata cara beserta rempah-rempah dari Timur Tengah. Semua enak dan bisa dicoba di rumah. Jangan sampai, kita kapok memakannya. Karena dari situlah, kita tahu karakteristik masakan yang dimiliki olej Timur Tengah.

Berikut ini, kuliner-kuliner yang dimaksud:

1. Shawarma atau Kebab

Makanan Timur Tengah ini, sudah banyak merajalela di wilayah Indonesia, sampai ke pelosok-pelosok. Popularitasnya sudah mendunia, dan rasanya jangan diragukan lagi, sudah lezat, dan pastinya tergantung lidah masing-masing.

2. Nasi Bukhari

Secara tampilan. Nasi Bukhari lebih mirip ke nasi Kebuli dan Biryani, tetapi untuk rasa berbeda. Nasi ini lebih terkenal di kawasan Arab, dan disajikan dengan ayam panggang beserta sambal tomatnya yang sedap. Rasa asam dan pedas hadir disini. Ditambah potongan mentimun tambah wah dan segar.

3. Samosa

Samosa, adalah salah satu kuliner Timur Tengah yang lezat selanjutnya. Makanan ini, hampir sama dengan pastel, jika dilihat dari tampilannya. Ini dianggap sebagai snack atau camilan yang diisi oleh daging sapi, kambing, ayam, hingga sayuran, telur. Ada keju juga, hmm enak sekali.

4. Nasi Biryani

Nasi Biryani, berasal dari Persia, dengan ciri khas ukuran beras yang lebih besar dan panjang daripada beras-beras biasanya. Warna beras juga lebih ke kekuningan. Masakan yang menggambarkan rempah-rempah khas Timur Tengah dengan kelezatan lidah mereka. Terdapat tambahan Yogust saat mengolah.

5. Nasi Kebuli

Nasi kebuli, dengan bahan dasar beras, memiliki tampilan yang berbeda, dengan dilengkapi olahan daging kambing dengan rempah-rempah yang khas ala Timur Tengah. Jadi rasanya khas, dan tidak kalah enak dengan nasi Timur Tengah yang lain. Sajiannya yang leat menggungah selera.

6. Roti Paratha

Roti Paratha, lebih mirip dengan roti Maryam, bedanya roti ini tidak menggunakan minyak dalam menggoreng. Tekstur rotinya, lebih tipis dan renyah, sehingga bisa disajikan dengan mudah, dengan rasa manis atau asin tergantung selera.

7. Falafel

Falafel, menjadi salah satu makanan khas Timur Tengah yang ingin dicicipi banyak orang. Dengan bentuk yang lucu, berupa bulat-bulat kecil mirip bola dan digoreng. Adonan terbuat dari kacang tanah atau kacang fava, ditambah rempah-rempah khas orang sana. Cocok disajikan dengan roti gandum.

8. Haleem

Haleem, adalah makanan sedang, yang disajikan setiap bulan Ramadhan atau puasa. Hidangan yang menyerupai bubur ini, terbuat dari gandum, lentil, dan daging. Banyak yang menyukai hidangan ini, termasuk India. Bagaimana dengan Indonesia? pasti.

9. Mutabbaq

Mutabbaq, adalah masakan Timur Tengah, yang lebih identik dengan martabak telor. Bedanya, pada bagian tengah diisi telor, keju ricotta, dan potongan kambing, sehingga saat digigit atau dipotong, makanan ini cenderung lebih creamy dan gurih.

10. Nasi Mandhi

Nasi Mandhi, merupakan masakan Timur tengah yang bisa dibilang favorit banyak orang. Terlihat seperti nasi Biryani, tetapi rasa yang dihadirkan jelas berbeda, dengan catatan rempah-rempah yang ada tidak dibuat strong disini. Lebih nikmat jika disajikan bersama taburan kismis dan ayam goreng panggang.

11. Tabbouleh

Tabbouleh adalah masakan Timur Tengah yang isinya lebih banyak di sayuran segar. Masakan bertipe vegetarian ini, terbuat dari potongan tomat, daun peterseli, bulgur (sereal yang berasal dari gandum utuh), daun mint, dan daun bawang. Tambahkan dengan minyak zaitun agar semakin nikmat.

Itulah penjelasan mengenai 11 kuliner Timur Tengah yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.