Panti Asuhan Muslim, Inspiratif yang ada di Indonesia

Panti Asuhan Muslim, Inspiratif yang ada di Indonesia

November 15, 2022 0 By Yuliarti Selli

Halo, kali ini kita akan membahas panti asuhan muslim apa saja, yang dianggap oleh netizen kebanyakan sangat inspiratif. Hal tersebut aslinya, tergantung orangnya masing-masing sih yah, tetapi perlu diketahui ada cerita masing-masing dibalik berdirinya atau berjalannya suatu panti asuhan.

Di Indonesia, sudah banyak panti asuhan muslim (Islam) yang berdiri, hanya saja kita tinggal cari informasi yang ada di dekat kita, atau sekalian cari panti asuhan yang memang membutuhkan bantuan dalam hal pembangunan, dan lain sebagainya.

Untuk hal tersebut, kamu bisa lihat ulasan berikut ini!

1. Panti Asuhan Usamah

Panti Asuhan Usamah, dibiayai oleh Haji Sangkala dari jual angkotnya. Kisah ini bermula dari beliau semenjak usia 21 tahun, yang mana sudah membina anak-anak panti asuhan dengan jumlah banyak, dan berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beliau sudah berumur 60 tahunan sekarang, dan tempat panti berada di Jalan Andi Tonro IV, Makassar. Banyak anak asuh dari beliau yang sudah sukses, dari angkot yang ia jual. Ada yang jadi kepala puskesmas, bidan, guru, dan PNS. Kisahnya sangat inspiratif sekali.

2. Panti Asuhan An-Nur Depok

Panti asuhan ini, dibangun oleh Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), yang didukung oleh mitra utama PT. Insight Investments Management (INSIGHT). Dibangun pada tanggal 30 April 2021, kemarin. Alamatnya berada di Jalan Bumi Pancoran Mas No. 27, Mampang, Kota Depok, Jawa Barat.

Panti asuhan ini, sudah memiliki acara-acara yang inspiratif di setiap tahunnya, salah satunya pada bulan Ramadhan. Salah satunya menggalang donasi atau bantuan berupa alat biadah untuk penyandang disabilitas dan pembagian makanan serta takjil untuk pekerja infomal. Cukup inspiratif.

3. Panti Asuhan Sunan Muria

Panti asuhan ini, masih terbilang dalam keadaan sulit, yang mana masih membutuhkan banyak bantuan. Semoga, dengan tulisan ini membantu pembaca yang budiman untuk tergerak membantu pembangunan panti mereka. Panti asuhan ini, dianggap sebagai rumah anak-anak atau yang mendiami.

Panti asuhan yang terletak di Tembalang, Semarang, Jateng ini, juga menjadi pondok pesantren yang mengajarkan ilmu-ilmu akan agama Islam. 30 orang, sudah tertampung disini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, demi kebaikan bersama, sukseskan tempat inspiratif ini.

4. Panti Asuhan Anak Tarbiyatul Yatama

Panti asuhan ini, khusus untuk anak Yatim, yang berlokasi di Jalan H. Saderin Desa Cibadak, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di tempat ini, orang-orang bisa menyalurkan sedekah atau zakatnya yang dititipkan kepada pengurus panti.

Panti ini sudah berjalan semenjak tahun 1990, oleh Pak Ahmad. Dimulai dari 8 orang saja yang masuk ke panti, hingga banyak sampai sekarang. Beliau merawat sekaligus mendidik anak-anak yang ada untuk bisa mandiri. Cukup inspiratif.

5. Panti Yatim Indonesia

Panti Asuhan ini, berada di Jakarta dan sudah dianggap terbaik maupun professional. Sudah ada 4000 anak yatim lebih, mendiami panti asuhan, walaupun ada yang sedang berada di luar asrama. PYI, melakukan bantuan, berupa penyaluran sembako untuk lansia dhuafa berupa 11 paket sembako.

Bantuan tersebut, disalurkan di Asrama Yatim Kopo Permai, Dayeuh Kolot, Bandung. Selain itu juga, PYI melakukan penyaluran Al-Qur’an wakaf sebanyak 150 kitab dan 100 buah Iqra. Bantuan tersebut, merupakan wujud amanah dari donatur yang ada.

6. Panti Asuhan Rabbani

Panti asuhan Rabbani, di bawah Yayasan Islam Waturua Timor Timur di Komplek BTN Asabri C8 No. 10, Desa Moncongloe Lappara, Kabupaten Maros. Dibentuk pada tahun 2015, dengan anak-anak yang mendiami adalah orang eks Timor Timur.

Panti asuhan ini terbentuk, dengan alasan untuk menyekolahkan dan membina anak-anak yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Mereka disekolahkan, dan diberi pembinaan berupa tarbiyah keislaman dan berbagai program yang dapat meningkatkan keimanan mereka maupun kemandirian.

7. Panti Asuhan Bahagia

Sebelum menjadi panti yang besar, panti asuhan ini masih menggunakan sistem yang tradisional. Dalam artian, beliau minta dana kepada masyarakat secara langsung (ke rumah-rumah). Pendiri panti tersebut, bernama Burhanudin, atau yang dikenal sebagai Haji Ibuy (mantan Kepala Bappeda Kabupaten Kotim).

Saat tua, beliau fokus mengurus Panti Asuhan Bahagia yang ada di bawah naungan Yayasan Bahagia. Letak panti berada di Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Kotawaringin Timur, pada tanggal 1 Oktober 1981. Sudah 3 kali pindah lokasi, hingga akhirnya ketemu yang tepat.

Sangat inspiratif sekali, dari penjelasan di atas. Semoga bermanfaat, mengenai panti asuhan Islam inspiratif yang ada di Indonesia. semoga, cerita di atas, bisa menginspirasi kamu!