Tips Bisnis Oleh-Oleh Haji

Tips Bisnis Oleh-Oleh Haji

Juli 8, 2022 1 By cahaya

Meski banyak orang menunggu momen ramadhan atau haji untuk mendapatkan oleh-oleh haji seperti Kurma, Cokelat batu dan kacang pistachio, tahukah bahwa sebenarnya import produk tersebut sudah dilakukan Indonesia sepanjang tahun.

Memang di bulan ramadan dan juga bulan haji, permintaan terhadap produk muslim seperti makanan, oleh-oleh dan busana muslim meningkat pesat. Oh ya, oleh-oleh haji bisa dikirim keseluruh indonesia loh, jika kamu mampu kamu bisa mengubahnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ketika Idul adha Atau lebaran haji adalah momen yang pas untuk memulai ide bisnis oleh-oleh haji. Penduduk indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Sehingga bisnis ini berpotensi memberikan keuntungan yang cukup besar.

Meskipun hanya Bisnis musiman, Yakni ketika moment umat muslim menjalankan ibadah haji setahun sekali. Eits jangan salah meskipun begitu pendapatannya bisa berkali-kali lipat  dari modal yang dikeluarkan loh…

Bagaimana nih kalau kalian yang berasal dari daerah misalnya Kota Yogyakarta ingin membuka toko oleh-oleh haji, tanpa jauh-jauh beli Di arab maupun di tanah abang? Yuk bisa…

Buat kalian yang akan merintis toko khusus oleh-oleh Arab di daerah masing-masing, sehingga dapat menjual berbagai jenis produk seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tips Bisnis Oleh-Oleh Haji

Agar bisnis oleh-oleh haji kamu sukses, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

Perencanaan

Sebelum mengaplikasikan ide bisnis menjadi kenyataan, lakukanlah perencanaan bisnis yang matang.

 

Karena itu akan memandu kalian untuk menjalankan bisnis mulai dari tahap awal hingga pembentukan sampai rencana pengembangan.

 

Jika ingin mencari dukungan pendanaan dari investor atau lembaga keuangan, rencana bisnis tersebut menjadi sebuah keharusan. Karena dari situlah mereka dapat memvalidasi ide Kalian sekaligus melihat prospek usaha yang Kalian jalankan.

Modal

Modal berbisnis digunakan untuk menyiapkan fasilitas berbisnis yang aman, nyaman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Tentunya fasilitas tersebut bisa digunakan untuk menunjang bisnis dan meningkatkan nilai jualnya. 

Jika kalian memiliki fasilitas yang memadai, bisnismu bisa berjalan dengan lancar. Siapkan dana terlebih dahulu untuk memulai suatu Usaha. Contoh konkretnya Uang, dan tempat usaha itu sendiri harus sudah siap.

Pilih dan daftarkan brand bisnis Anda

Nama usaha atau brand yang dipilih memiliki peranan yang penting dalam setiap aspek bisnis. Pastikan Kalian memikirkan semua implikasi potensial ketika memilih nama usaha atau brand. 

Setelah itu, periksa merek dagangnya, dan Kalian bisa juga untuk mendaftarkan nama usaha tersebut. Kalian juga bisa segera membuat website agar usaha tersebut juga dikenal secara online. Segeralah beli nama domain untuk usaha yang ingin dikembangkan.

bisnis oleh-oleh haji

Jika kamu ingin membuka toko offline, mungkin kamu perlu mendaftarkan bisnis kamu sebagai reseller sebuah produk dan membuat izin usaha. Dokumen merupakan bagian dari proses ketika akan mulai menjalankan bisnis. Terdapat beberapa lisensi dan izin usaha kecil yang bisa Anda pilih yang disesuaikan dengan kondisi usaha yang dijalankan saat ini.

Namun jika tokomu online, kamu bisa mencari supplier oleh-oleh haji yang bisa kamu temukan di kotamu dan menjualnya lewat marketplace.

Pilih lokasi yang strategis

Ketika kita akan membuka usaha, pastikan memilih lokasi yang strategis agar pengunjung tau persis toko kita dan banyak yang akan berkunjung. Mencari lokasi yang ramai dilalui orang, mudah dijangkau kalangan masyarakat.

Tetapi persaingan cukup ketat. Sebab, ada banyak toko lain yang menjual produk serupa. Maka dari itu, persiapkanlah strategi pemasaran yang tepat agar toko oleh-oleh kalian laris.

Cari supplier terpercaya

Produk oleh-oleh haji ini sebagian besar berasal dari Arab dan wilayah lain di Timur Tengah. Oleh sebab itu, penting bagi kalian untuk memilih supplier terpercaya sehingga stok produk yang akan kamu jual aman.

Pastikan untuk memilih distributor yang memiliki produk-produk berkualitas Original agar kamu tak mengecewakan pelanggan. Pilih juga distributor yang memiliki pelayanan baik. Dengan begitu, proses stok barang di toko tepat waktu.

Jika kamu sudah menemukan supplier yang tepat, pertahankanlah hubungan baik dengan mereka agar kemitraan bisnis berjalan hingga jangka panjang.

Promosi

Istilah ” tak kenal maka tak sayang” Sangat lekat sekali ketika kita baru saja membuka usaha tetapi tidak banyak masyarakat yang tau. Nah untuk memperkenalkan toko dan beserta produk yang kita pasarkan kita wajib untuk mempromosikannya terlebih dahulu.

Media promosi kini semakin mudah, tidak melulu berupa toko fisik namun juga bisa mempromosikan produk kita secara online. Jadi kalian bisa iklan lewat internet, Media sosial, situs web hingga e-mail, Sehingga jangkauan lebih luas dan banyak masyarakat yang tertarik mampir di toko kalian.

Atau kalian juga bisa banget membuka toko online oleh-oleh haji dan umrah di marketplace, Sehingga kalian bisa melayani customer luar kota.

Kesuksesan itu berproses tidaklah instan, penting bagi kita yang ingin memulai suatu usaha dengan segala pertimbangan yang matang. Lakukan rencana bisnis secara konsisten untuk meningkatkan peluang bisnis yang kalian jalankan.

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat kawan.