Adab Mengirimkan Karangan Bunga di Pesta Pernikahan

Adab Mengirimkan Karangan Bunga di Pesta Pernikahan

Maret 2, 2023 0 By cahaya

Karangan bunga atau yang pada masa penjajahan dikenal dengan istilah Steek Werk berasal dari bahasa Belanda sebagai seni temporer, tinjauan estetika dan makna simbolis. Stek berarti sulam dan werk adalah pekerjaan. Steek Werk pekerjaan menyulam bunga di sebuah medium menjadi suatu bentuk berupa gambar, tulisan, maupun hiasan. Masyarakat Indonesia sendiri mulai mengenal dan memanfaatkan karangan bunga pada tahun 1970 – an. Dan sejak saat itu banyak bermunculan penjual bunga di tiap kota di Indonesia. Karangan bunga biasanya dikirimkan pada saat acara seperti kematian, pernikahan, kenaikan jabatan, mutasi kantor, pensiun, wisuda dan lain sebagainya.

Manfaat Mengirimkan Karangan Bunga di Hari Pernikahan

Karangan bunga berbentuk apapun pastinya sangat erat kaitannya dengan momen penting seseorang seperti pernikahan. Kehadiran papan bunga dalam pernikahan membuat acara pesta pernikahan menjadi meriah dengan adanya karangan bunga yang beraneka ragam dan berwarna warni.

Lalu, apa saja ya manfaat dari karangan bunga saat pesta pernikahan?

Membuat pesta pernikahan menjadi meriah

Karangan bunga yang cukup banyak dan berjajar, membuat suasana pesta menjadi lebih meriah pernikahan menjadi lebih berkesan dan semarak.

adab mengirim karangan bunga pernikahan

Tidak memungkiri kesan dekoratif akan ditimbulkan ketika melihat karangan bunga yang dihadirkan di area outdoor maupun indoor. 

Untuk acara pernikahan biasanya didominasi dengan rangkaian bunga- bunga yang warna warni serta berwarna cerah. Kombinasi papan karangan bunga dari berbagai jenis bunga, warna, serta ukuran ini bisa menampilkan look dekorasi yang semakin beragam dan menarik untuk dipandang.

Mempererat Hubungan Relasi

Papan karangan bunga juga bermanfaat untuk mempererat hubungan relasi antara pengirim dan calon pengantin yang menerima papan bunga beserta ucapannya tersebut.

Apabila memiliki rekan bisnis maka papan bunga yang dikirim oleh teman diartikan upaya untuk tetap menjaga hubungan baik, menjaga relasi, yang terbangun agar tetap dalam kondisi baik terhadap kedua mempelai yang sedang melangsungkan pernikahan.

Terkait  Daftar Situs Undangan Pernikahan Online Gratis beserta Cara Buatnya!

Sebagai Bentuk Ucapan untuk Pengantin

Papan karangan bunga umumnya berisikan ucapan selamat sebagai bentuk sukacita sebagai pengirim, dalam hal ini biasanya teman atau kerabat dekat kedua mempelai yang akan melangsungkan pernikahan.

Digunakan sebagai bentuk ucapan selamat, turut berbahagia serta mendoakan terhadap kedua mempelai.

Papan karangan bunga pun beragam harganya, tergantung ukuran, jenis bunga, dan tingkat kesulitanan dalam membuat kreasi karangan. Kemudian ukuran papan yang besar ataupun sebaliknya.

Adab Mengirimkan Karangan Bunga di Hari Pernikahan

Meski merupakan bentuk turut berbahagia atas pernikahan rekan/sahabat, namun ada baiknya kita mengikuti adab dalam memberikan karangan bunga di tempat digelarnya tasyakuran pernikahan tersebut

Tidak Mempermalukan Pengantin

Isi karangan bunga, baik tulisan maupun bentuk tidak dimaksudkan untuk mempermalukan/memperolok pengantin. Hal ini dapat menjadi preseden tidak baik dalam hubungan persahabatan kalian berikutnya. Meskipun kalian bersahabat, namun karena pernikahan adalah momen resmi hindari untuk memperolok pengantin.

Kirimkan Sebelum Pesta Pernikahan Digelar

Ada baiknya karangan bunga dikirimkan sebelum pesta pernikahan digelar, biasanya pembuat karangan bunga sudah memiliki layanan kirim yang bisa dipesan dan siap mengirimkan di hari H.

Jangan Membebani Pengantin dengan Biaya Karangan Bunga

Jika kita bermaksud memberikan ucapan dalam bentuk karangan bunga, sebaiknya urusan pembayaran kita yang menanggung jangan sampai kurir yang mengirimkan menagih biaya tersebut ke pihak yang memiliki hajat. Takut terjadi miskomunikasi antara kalian, pihak pengantin dan kurir.

Itu dia beberapa manfaat dan adab yang perlu diperhatikan dari penggunaan papan karangan bunga untuk mengucapkan selamat pernikahan. Sudahkah Anda mempersiapkan untuk memberikan karangan bunga kepada sahabat dekat? Jangan sampai salah pilih ya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.