Persiapan Puasa, Apa yang harus Dipersiapkan?

Persiapan Puasa, Apa yang harus Dipersiapkan?

Maret 3, 2023 0 By Yuliarti Selli

Bulan Ramadhan, sebentar lagi, dan ditunggu oleh masyarakat umat Islam setiap tahunnya. Berharap, bisa bertemu bulan ini setiap tahun. Momen puasa, dianggap sebagai bulan suci dan pembersihan diri bagi hati maupun jiwa. Pahala juga berlipat ganda, sehingga banyak yang berlomba-lomba akan hal ini.

Bulan yang penuh ampunan, menjadi hari istimewa setiap harinya, selama kita mau berbenah dan bisa mencoba lebih baik lagi. Untuk melengkapi dan melancarkan hal tersebut (ibadah), persiapkan dari awal atau sedini mungkin apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Ramadhan datang.

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Memperbanyak Ibadah

Pastinya, perbanyak ibadah dengan niat, khusyuk, dan ikhlas. Saat kita khusyuk dan ikhlas, maka ibadah bisa diterima, dan pahala yang didapat sesuai amal dan perbuatan. Coba mendekatkan diri kepada Allah, adalah salah satu cara dalam mendapatkan hidayah, rahmat, dan ridho dari Allah.

Balasan ampunan dan kelancaran dalam hidup dunia dan akhirat sangat diharapkan oleh umat muslim. Jadi, siapa yang tidak mau berlomba-lomba ibadah di bulan puasa ini? Pasti menyesal. Ibadah bisa saja dengan bershodaqoh, dan lain-lain.

2. Membayar Hutang Puasa Wajib

Jika saat bulan Ramadhan ada yang masih bolong-bolong atau tidak full dalam berpuasa, maka segera ganti dengan puasa sebelum Ramadhan tahun depan datang lagi. Hal ini, karena kita masih punya hutang berupa ibadah wajib, yang mana semua umat muslim harus berpuasa.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak berpuasa, selama sebab tersebut, dibolehkan oleh Allah, misal sakit, haid, dan lain sebagainya. Cara menggantinya dengan berpuasa maupun ada hal-hal lain yang harus dipenuhi.

3. Belajar Bangun Lebih Awal

Nah, di bulan Ramadhan pasti ada sahur, dan memaksa kita untuk bangun lebih awal. Memang awalnya tidak mengenakkan, apalagi lambung terbiasa on-nya jam 7-an, jadi yah harus mau makan kalau tenaga ingin lebih kuat, kadang ada yang tidak bisa bertenaga (lemas), jika tidak makan (sarapan).

Terkait  Niat Qadha Puasa Ramadhan

Jadi, mulai dari sekarang bisa mulai membiasakan diri dari yang namanya bangun jam 3 pagi, selain benefit bisa sholat malam, juga bisa sholat subuh dengan tepat waktu. Mandi sebelum waktu subuh, juga bisa mengebalkan kesehatan dan terhindar dari serangan gaib.

4. Berlatih Menahan Diri

Menahan diri di sini, menahan haus lapar, dan godaan setan atau hawa nafsu. Saat Ramadhan, disarankan kita bisa menahan itu semua. Karena ibadah baru diterima, jika kita bisa menahan itu semua. Kadang, ada yang hanya puasa fisik saja, tapi batin tidak. Itu yang perlu dipertanyakan.

Berbuat baik, itu perlu tidak hanya setiap Ramadhan, tapi setiap hari, dan banyak kegiatan kita yang positif yang bisa kita dapat pahalanya. Godaan orang berpuasa, memang banyak, tetapi tetap kita berusaha untuk mencoba diterima ibadah kita.

5. Lakukan Olahraga

Melakukan olahraga, bisa dilakukan secara rutin, selama 30 menit per hari, mampu membuat hidup kita lebih bahagia, tidak stres, dan lain-lain. Badan kita sehat, dan terhindar dari penyakit. Jadi, bukan berarti puasa kita juga mencoba malas-malasan atau aktivitas berubah drastis.

Dengan berolahraga, kita bisa menyeimbangkan tubuh dan daya tahan jadi terhaga. Ini perlu dilakukan sebelum Ramadhan, untuk memperkuat imunitas tubuh. Kegiatan bisa dilakukan secara minim, mulai dari yoga, bersepeda, jalan santai, lari-lari pagi (kecil), dan lain-lain.

6. Mempersiapkan Hampers Lebaran

Hampers lebaran, kini bisa didapatkan dengan mudah, bisa dari distributornya langsung, bisa kita buat sendiri. Tergantung budget dan keinginan. Hampers sendiri, untuk rasa terima kasih sekaligus mempererat maupun mempertahankan silaturahmi yang ada.

Mempersiapkan hampers lebaran, lebih baik jauh-jauh hari saja, agar budget terpenuhi untuk urusan lain yang lebih penting. Mengingat, kebutuhan selama Ramadhan, dan setelah lebaran cukup banyak. Hampers bisa macam-macam, tergantung kebutuhan dan kreativitas masing-masing.

Terkait  Tradisi Menyambut Puasa, Apa Saja?

Itulah, 6 persiapan, yang perlu dipersiapkan dalam bulan puasa. Semoga bermanfaat untuk kedepannya.