Bolehkah Salat Tarawih Tanpa Doa Iftitah?

Bolehkah Salat Tarawih Tanpa Doa Iftitah?

April 20, 2022 0 By cahaya

Tidak terasa bulan ramadan sebagai bulan suci yang ditunggu umat Islam di seluruh dunia sedang kita jalani hingga detik ini. Suasana khas ramadhan yang indah menjadi hal paling ditunggu, apalagi anak-anak yang ikut beribadah di masjid dan mushola.

Selain kegiatan tadarus pada malam hari, ibadah tarawih dan witir merupakan rangkaian amalan sunah yang memiliki pahala berlipat ganda. Anda yang masih belajar menjadi muslim yang baik, mungkin pernah bingung dan bertanya apakah salat tarawih membaca doa iftitah atau tidak.

Tata Cara Salat Tarawih yang Baik

Hukum melakukan salat tarawih sunnah muakkad sehingga Anda tidak boleh melewatkan kesempatan mengumpulkan ladang pahala selama bulan suci. Banyak keutamaan salat tarawih bukan sekadar mendapatkan pahala, tetapi bisa melapangkan rezeki, memberikan ketenangan batin, memakmurkan masjid, dan masih banyak manfaat lain. Sebelum Anda mengetahui hukum apakah salat tarawih membaca doa iftitah atau tidak, maka sebaiknya pahami tata cara salat tarawih yang baik berikut :

  1. Niat salat tarawih
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surat Al-fatihah
  5. Membaca surat dalam Al-Qur’an
  6. Ruku’
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk Iftirasy
  10. Sujud kedua, kemudian bangkit berdiri rakaat kedua
  11. Membaca surat Al-fatihah
  12. Membaca surat dalam Al-Qur’an
  13. Ruku’
  14. I’tidal
  15. Sujud
  16. Duduk iftirasy
  17. Sujud
  18. Duduk tasyahud akhir
  19. Salam

Begitulah tata cara melakukan salat tarawih yang sama seperti melakukan salat wajib atau sunnah setiap hari. Salat tarawih bisa dilangsungkan sebanyak 8 rakaat disambung 3 rakaat witir atau 20 rakaat disambung salat witir dengan rakaat ganjil. Melakukan ibadah tarawih yang didasari niat dan khusyuk karena Allah SWT akan mendapatkan pahala dan berkah yang besar.

Hukum Melakukan Salat Tarawih Tanpa Doa Iftitah

Sama seperti hukum pada salat wajib dan sunnah lain, doa iftitah bukan rukun salat atau bersifat sunnah. Membaca doa iftitah lebih utama, tetapi Anda yang menjadi makmum terlambat saat mengikuti jamaah salat tarawih di masjid atau mushola, maka bisa meninggalkan doa iftitah ini. Anda bisa langsung membaca Surat Al-Fatihah sebagai rukun salat agar salat menjadi sah.

apakah sholat tarawih membaca doa iftitah

Doa iftitah yang berada di level sunnah bukan wajib telah disepakati oleh jumhur ulama. Dalam melakukan salat apa saja, doa iftitah sunah dibaca, kecuali tidak boleh dibaca pada salat tertentu seperti salat jenazah, salat Ied dan salat Lail. Ada beberapa pendapat tentang hukum sunnah Doa Iftitah pada salat tarawih ini berdasarkan pendapat ulama.

Menurut Mazhab Imam Hambali, ulama Hanabilah mengatakan bahwa doa iftitah sunah dibaca setiap awal atau memulai rakaat. Setiap dua rakaat salat tarawih, umat disarankan membaca Doa Iftitah karena rakaat setelah salam berdiri sendiri. Namun, sebagian ulama mengatakan bahwa sunnah membaca Doa Iftitah pada awal melangsungkan salat tarawih rakaat pertama saja.

Bagaimana bila imam salat tarawih langsung membaca Surat Al-Fatihah pada awal rakaat tersebut? Makmum tetap boleh membaca Doa Iftitah tersebut yang bernilai sunnah, kok. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk membaca Doa Iftitah meskipun imam sudah membaca surat dan mengeraskan bacaannya.

Kini Anda sudah memahami apakah salat tarawih membaca Doa Iftitah atau tidak, ya! Membaca Doa Iftitah lebih disunnahkan, tetapi Anda yang terlambat mengikuti rakaat bisa tidak membacanya. Perkara sunnah dilakukan akan mendatangkan pahala, bila tidak dilakukan tidak apa-apa. Bukankah Anda sering mendengar nasehat hukum seperti itu, bukan? Yuk, tunaikan ibadah tarawih berjamaah untuk mendapatkan pahala lebih besar!