Ingin Dapat Pahala Besar, Lakukan 7 Sunnah Ramadan Ini!

Ingin Dapat Pahala Besar, Lakukan 7 Sunnah Ramadan Ini!

April 14, 2022 0 By cahaya

Tidak terasa bulan suci ramadhan telah kita jalani selama hampir setengah bulan. Melakukan ibadah puasa mulai sahur sampai berbuka merupakan kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan tidak berhalangan. Selain ibadah puasa, Anda juga harus melakukan ibadah sunnah yang bisa mendatangkan pahala besar. Sebelum mengetahui apa saja sunnah ramadhan, jangan lupa untuk menghapal doa niat puasa dan doa buka puasa, ya!

Sunnah Ramadan yang Wajib Anda Utamakan

Supaya Anda bisa menjalani puasa ramadan tahun ini dengan maksimal, pastikan melakukan sunah ramadhan berikut:

Melakukan sahur

Sebagian orang enggan bangun dini hari karena malas atau merasa bisa menahan lapar dan haus seharian tanpa makan sahur. Namun, Anda yang ingin mendapat catatan pahala besar, pastikan untuk selalu melakukan sahur ya!

Sahur pada akhir waktu

Sunah yang bila dilakukan bisa memberikan pahala besar, bila tidak dilakukan tidak apa-apa adalah sahur pada akhir waktu. Meskipun boleh melakukan sahur pada malam hari, tetapi ada baiknya melakukan ibadah sahur sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW, bukan?

Menyegerakan berbuka puasa

Bila bedug adzan maghrib sudah terdengar, ada baiknya Anda menyegerakan berbuka puasa sebagai bagian dari sunnah ramadhan. Tidak harus langsung makan dalam porsi banyak sebab Anda bisa membatalkan puasa segera dengan mengkonsumsi sebutir kurma atau seteguk air pun. Sesungguhnya menyegerakan berbuka puasa merupakan kebaikan yang dianjurkan Rasulullah SAW, kemudian melanjutkan ibadah salat maghrib.

Jangan lupa untuk menghapal doa buka puasa lebih dulu sebagai berikut : “Allahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika ya arhamar rohimin.”

Memberi makan pada orang yang puasa

Memberi makan pada orang yang melakukan ibadah puasa memiliki pahala yang besar sehingga orang-orang rutin melakukan sedekah berupa takjil dan makanan berbuka. Apalagi Anda memberikan sebagian rezeki pada kaum fakir miskin dan dhuafa yang kesusahan untuk berbuka puasa, lho!

 Melakukan shalat tarawih

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah, tetapi memiliki pahala yang sangat besar. Pastikan selalu rutin melakukan shalat tarawih di mushola atau masjid terdekat bersama orang-orang sekitar, ya!

Membaca Al-Qur’an

membaca alquran sunnah ramadan yang diutamakan

Membaca Al-qur’an merupakan bagian ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan puasa. Bila Anda melakukan ibadah mengaji setiap hari, maka bulan puasa menjadi momen tadarus bersama saudara atau teman di lingkungan masjid. Suasana ramadan yang lekat dengan membaca Al-Qur’an bersama bisa memberikan ketenangan batin sekaligus memberikan pahala yang sangat besar.

Memperbanyak sedekah

Perbanyak sedekah pada bulan puasa sebab Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang-orang yang senantiasa beramal saleh. Sedekah dalam jumlah sedikit tanpa unsur riya’ dan semata karena Allah SWT akan mendapatkan pahala besar dibandingkan sedekah banyak tetapi hanya ingin dipandang mulia oleh sesama manusia.

Selain ibadah sunnah di atas, Anda masih bisa melakukan lebih banyak ibadah lain seperti i’tikaf di masjid, memperbanyak bacaan wirid, menghindari hal-hal yang berbau syahwat meski tidak membatalkan puasa bila tidak keluar mani secara sengaja, dan mengikuti kajian yang bermanfaat.

Kini Anda bisa melakukan ibadah puasa dengan lancar sesuai dengan syariat yang sudah ditentukan agama. Mengajari anak-anak doa buka puasa pun bisa bernilai pahala, lho! Apa pun yang Anda lakukan dengan niat yang tulus dan berada di jalan kebaikan, maka malaikat akan mencatat amal yang memiliki pahala besar di akhirat kelak. Menjadi insan yang bermanfaat untuk agama dan orang-orang di sekitar Anda, kenapa tidak?