Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Juni 4, 2023 0 By cahaya

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur. Ibadah ini memiliki keistimewaan dan kekuatan spiritual yang luar biasa. Dalam Islam, Tahajud dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah yang paling mulia dan penuh berkah. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Sholat Tahajud, manfaatnya, dan cara melaksanakannya.

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat Tahajud dilakukan di waktu malam, sebelum waktu Sholat Subuh. Secara harfiah, Tahajud berasal dari bahasa Arab yang berarti “bangun” atau “berjaga-jaga”. Dalam konteks ibadah, Tahajud mengacu pada bangun di tengah malam untuk melaksanakan sholat sunnah.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Pertama-tama, ibadah ini mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara yang istimewa. Ketika sebagian besar orang tidur, kita bangun untuk beribadah kepada-Nya, menunjukkan kesungguhan dan kecintaan kita dalam menghadap-Nya.

“Dan pada sebahagian malam hari berjaga-jagalah kamu untuk mengerjakan shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Surah Al-Isra, ayat 79)

Hadits Tentang Sholat Tahajud

  1. Hadits dari Abu Hurairah (ra) yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)
  2. Hadits dari Aisyah (ra) yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila beliau ingin melakukan shalat malam, beliau melakukan Wudhu seperti wudhu yang baik untuk shalat wajib. Lalu beliau bangun dari tidur dan melaksanakan shalat dengan penuh khusyuk.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Hadits dari Abu Hurairah (ra) yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melaksanakan shalat tahajud secara berjamaah, kemudian beristighfar dengan sungguh-sungguh, akan diampuni dosa-dosanya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
  4. Hadits dari Abdullah bin Umar (ra) yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah engkau meninggalkan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu, yang menjauhkan dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)
Terkait  Perbedaan Zakat, Infaq, Wakaf, dan Shadaqah yang Perlu Kamu Ketahui

Selain itu, Sholat Tahajud juga merupakan sarana memohon ampunan dan mengungkapkan doa-doa kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat malam dalam pasangannya, puasa pada siangnya, merupakan penyebab terhapusnya dosa.” Dengan melaksanakan Sholat Tahajud, kita berusaha membersihkan hati dan memohon ampunan dari dosa-dosa kita.

Sholat Tahajud juga memiliki kekuatan spiritual yang kuat. Ibadah ini memberikan ketenangan pikiran, kekuatan batin, dan kepekaan terhadap kehadiran Allah SWT. Dalam kesendirian malam, kita bisa merenung, berintrospeksi, dan mendekatkan diri secara spiritual.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Untuk melaksanakan Sholat Tahajud, ada beberapa langkah yang perlu diikuti:

a. Bangun dari tidur: Sholat Tahajud dilakukan setelah tidur, jadi penting untuk membangunkan diri dari tidur. Lebih baik tidur sejenak sebelum Tahajud untuk menjaga kesehatan dan stamina.

b. Wudhu: Setelah bangun, lakukan wudhu seperti biasa untuk membersihkan diri sebelum beribadah.

c. Niyyah: Niatkan dalam hati untuk melaksanakan Sholat Tahajud sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Berikut adalah lafaz niat Sholat Tahajud yang dapat dibaca dalam hati:

أُصَلِّي سُنَّةَ اللَّيْلِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى “Ushalli sunnatallaili rak’atayni lillahi ta’ala” (Saya niat melaksanakan Sholat Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala)

d. Melakukan rakaat-rakaat: Sholat Tahajud bisa dilakukan dengan cara yang fleksibel. Biasanya dilakukan dalam dua rakaat, namun bisa ditambah sesuai dengan keinginan dan kemampuan individu.

e. Membaca doa dan ayat-ayat Al-Qur’an: Setelah rukuk dan sujud, luangkan waktu untuk membaca doa-doa dan ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam Tahajud, kita bisa lebih lama dalam berdoa dan beristighfar.

f. Sholat Witir: Setelah selesai melaksanakan Sholat Tahajud, sebaiknya dilanjutkan dengan Sholat Witir. Witir merupakan sholat sunnah yang dilakukan dengan satu atau tiga rakaat setelah Sholat Isya’.

Terkait  Contoh Khotbah Idul Adha Bahasa Sunda

Sholat Tahajud adalah ibadah malam yang memiliki keistimewaan dan kekuatan spiritual. Ibadah ini menggambarkan kesungguhan kita dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan Tahajud, kita dapat memohon ampunan, mengungkapkan doa-doa, dan mendapatkan ketenangan pikiran serta kekuatan batin. Melalui Tahajud, kita dapat memperdalam hubungan spiritual kita dengan Sang Pencipta dan meraih keberkahan-Nya.

Menghidupkan Sholat Tahajud adalah suatu amalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Meskipun mungkin sulit untuk memulai, dengan tekad dan disiplin, kita dapat merasakan manfaat dan kekuatan yang luar biasa dari Sholat Tahajud. Marilah kita berusaha menjaga waktu malam kita dengan ibadah Tahajud dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.