Ragu Imsak Boleh Makan dan Minum atau Tidak? Simak Penjelasan Lengkap Ini!

Ragu Imsak Boleh Makan dan Minum atau Tidak? Simak Penjelasan Lengkap Ini!

April 18, 2022 0 By cahaya

Imsak merupakan bagian dari budaya masyarakat yang sudah ada sejak masa lampau. Alunan imsak yang sering terdengar sesaat jelang masuk waktu fajar menjadi acuan waktu berhenti makan dan minum. Biasanya orang-orang akan mulai bersiap melakukan ibadah sholat subuh setelah memasuki waktu imsak. Sebenarnya, apakah imsak boleh makan dan minum atau memiliki hukum yang terlarang? Kalau Anda masih ragu dan awam, sebaiknya baca ulasan berikut sampai tuntas.

Fakta dan Sejarah Seputar Imsak Pada Masa Rasulullah Hingga Sekarang

Melakukan ibadah sahur merupakan salah satu sunah puasa yang harus Anda lakukan bila ingin mendapatkan pahala yang besar. Rasulullah SAW menganjurkan muslim melangsungkan ibadah sahur pada akhir waktu atau jelang fajar meskipun melakukan sahur pada malam hari tidak terlarang.

Banyak orang yang salah kaprah mengatakan bahwa waktu imsak menjadi waktu penanda Anda harus berhenti makan dan minum. Apakah imsak boleh makan dan minum menjadi rancu karena hal ini. Supaya Anda lebih paham, berikut poin penting seputar imsak yaitu :

Hukum imsak

Imsak bukan salah satu ajaran Islam sebab syariat mengatakan bahwa batas memulai puasa adalah adzan subuh berkumandang. Jadi, orang yang terlambat sahur bisa tetap makan dan minum saat mendengar alunan imsak yang khas. Anda wajib berhenti begitu mendengar lantunan adzan subuh, ya!

Imsak merupakan peringatan

Hal ini sesuai dengan fatwa dari Dewan Fatwa Mesir bahwa imsak merupakan peringatan bahwa umat muslim harus segera mengakhiri sahur atau berhati-hati agar tidak makan sampai batas adzan subuh.

Hal yang dilarang setelah imsak

Bila waktu imsak sudah lewat, maka Anda tidak boleh mengambil makan atau minum meskipun baru mendengar lantunan adzan subuh pertama kali.

Pengertian adzan pertama dan kedua

Pada masa Nabi Muhammad SAW, Bilal mengumandangkan adzan pertama, sedangkan Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan adzan kedua pada waktu subuh. Bilal yang mengumandangkan adzan pertama merupakan tanda awal masuk waktu subuh, tetapi Rasulullah SAW menyuruh para sahabat untuk melanjutkan makan dan minum. Kemudian adzan subuh yang dikumandangkan Ibnu Ummi Maktum merupakan azan masuk waktu subuh.

Sejarah imsak

Pada masa Rasulullah SAW memang ada kisah dua sahabat yang mengumandangkan adzan jelang dan masuk waktu subuh, tetapi Rasul dan sahabat tidak mengenal waktu imsak. Sejarah imsak pertama kali muncul di Mesir pada bulan ramadhan tahun 1262 Hijriyah atau sekitar Bulan September 1846 Masehi.

apakah imsak boleh makan dan minum

Kini imsak merupakan hal yang wajar di Indonesia, bahkan ada jadwal imsakiyah yang bisa menjadi pertanda kapan harus berhati-hati makan dan minum saat melakukan ibadah sahur. Fungsi imsak yang sangat bermanfaat sebagai pengingat orang-orang yang mungkin bangun terlambat atau masih bisa makan dan minum selama batas waktu tersebut. Waktu imsak sampai masuk adzan subuh berkisar sepuluh menit untuk memperingatkan umat muslim agar bersiap jelang subuh, ya!

Ibadah sahur merupakan sunah puasa yang harus dilakukan guna mendapatkan pahala sekaligus menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Puasa bisa membuat seseorang merasa lemas, lelah dan tidak bertenaga, tetapi asupan makan yang dikonsumsi selama sahur bisa menjadi sumber tenaga untuk umat yang harus tetap bekerja atau melakukan aktivitas fisik rutin.

Kini Anda sudah paham mengenai ketentuan apakah boleh makan dan minum setelah memasuki waktu imsak, ya! Anda masih boleh makan dan minum, kemudian berhenti saat adzan subuh berkumandang dan mulai menjalankan ibadah puasa wajib atau sunnah.