Pengertian Habib, Siapa Mereka?

Pengertian Habib, Siapa Mereka?

Januari 15, 2023 0 By Yuliarti Selli

Habib, istilah ini sering kali kita dengar akhir-akhir ini. Terutama untuk keturunan Nabi Muhammad biasanya pakai gelar ini sebagai identitas bahwa penerusnya masih ada. Gelar habib, menjadi gelar yang cukup dihormati bagi kebanyakan orang, karena berkaitan dengan ajaran agama.

Habib berarti dicintai dan mencinta, yang mana orang yang paham agama, diberikan kelebihan untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan melakukan dakwah berupa memberikan ajaran agama, bagi yang tahu maupun belum tahu.

Untuk lebih tahu, langsung saja baca tulisan ini.

Apa itu Habib?

Habib, adalah gelar bagi keturunan nabi sebagai gelar kehormatan bagi mereka. Tetapi, tidak semua orang yang bergelar habib, adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Jadi, secara bahasa kata habba-yuhibbu, berarti kesayangan atau orang yang dicintai.

Sedangkan secara istilah, Habib adalah nama gelar bagi keturunan Nabi Muhammad SAW yang dicintai oleh Allah SWT, dan istilah ini juga bisa disematkan kepada mereka yang memiliki hubungan nasab dengan putri beliau (Muhammad SAW), yaitu Fatimah Az-zahra.

Berdasarkan catatan yang dilakukan oleh pencatatan silsilah para Habib, Ar-Rabithah, ada sekitar 20 juta orang di seluruh dunia yang dapat menyandang gelar ini (disebut muhibbin). Jumlah itu semua, berasal dari 114 marga. Hanya keturunan laki-laki saja yang bisa menyandang gelar Habib.

Asal Usul Habib

Asal usul Habib, dimulai dari masa Habib Umar bin Abdurrahman al-athas shohiburrotib di Hadramaut. Gelar in,i juga disematkan kepada para Habib lain yang sebelumnya dipanggil syarif atau imam., dan mereka semua adalah keturunan dari Ahmad bin Isa al-Muhajir yang hijrah dari Irak ke Yaman.

Ketika datang ke Indonesia, masyarakat memanggil mereka sebagai Ulaidi atau Ulaiti. Para Habib ini datang dari Yaman dan menikah dengan perempuan Indonesia, dan mereka disebut sebagai ahwal jama (paman dari ibu).

Bisa diambil contoh pada para Habib di Kwitang, menjadi salah satu yang disebut dengan soko guru, sebagai sumber pertama dari ajaran agama Islam yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Jadi, penyebutan habib disini, bagi yang memiliki ilmu agama secara luas dan mendalam.

Habib yang ada di Indonesia

Berikut ini, adalah habib yang ada di Indonesia, diantaranya:

1. Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Habib ini, terkenal dengan lemah lembutnya, entah dalam bersikap dan berdakwah. Beliau disegani banyak orang, dan tengah mengemban posisi Tais ‘Aam Jatman dan menjadi Ketua Forum Sufi Internasional.

2. Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Habib ini, memiliki suara yang merdu saat bersholawat. Dan beliau terkenal dengan hal itu, kemudian cukup familiar di kalangan remaja muslim. Beliau memakai pendekatan secara fleksibel dan digital, sehingga ajarannya banyak yang masuk dan mudah masuk di zaman sekarang.

3. Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa

Habib ini, menjadi pemimpin Majelis Rasulullah dan telah berpulang di tahun 2013 lalu. Dakwah almarhum, sampai ke pelosok daerah Indonesia. Cara penyampaian dalam beragama, mampu menyentuh cinta bagi pendengarnya.

4. Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf

Habib ini, sering muncul di program TV, terutama pada bulan Ramadhan. Beliau, pernah menjabat sebagai Ketua Umum Rabithah Alawiyah. Habib ini, dianggap berpengaruh dalam pengajaran Islam di Indonesia.

5. Habib Husein Ja’far Al Hadar

Habib ini, dianggap bisa mengajak anak-anak muda untuk berpikir kritis, sekaligus kembali ke jalan Allah. Habib yang akhir-akhir ini viral, adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Dakwahnya sangat kekinian, sehingga mudah diterima oleh orang banyak, terkhusus anak muda.

6. Habib Zein bin Umar Sumaith

Habib ini, sudah wafat di tahun 2022, tetapi beliau sudah menanamkan prestasinya di Indonesia dengan jabatan yang pernah ia emban. Beliau adalah ahli fiqih, dan julukannya sejak kecil, adalah Imam Syafi’I kecil. Ulama ini, berasal dari Jakarta, dan lahir dari tahun 1936.

7. Habib Muhammad Rizieq Shihab

Habib ini, mempunyai pengaruh kuat dalam ajaran yang ia berikan, terbukti dari jumlah pengikut yang ada. Pendidikan agama yang ia geluti, dijalani hingga ke luar negeri. Ia juga pernah ke pernah menjadi kepala sekolah di Madrasah, dan mengajar fiqih.

8. Habib Sayyid Bahar bin Ali bin Sumaith

Habib ini, lebih dikenal dengan nama Bahar bin Smith dan menjadi pendiri Majelis Pembela Rasulullah sekaligus pemimpinnya sejak tahun 2007. Sudah ratusan orang, ikut organisasi ini, dan beliau sering dipercaya melakukan dakwah, dan melakukan razia di tempat-tempat yang diduga maksiat.

Itulah, pengertian habib, dan siapa yang disebut dengan habib, beserta daftar komplit habib yang terkenal di Indonesia. semoga bermanfaat.