4 Persiapan Menyambut Bulan Ramadan selain Doa Niat Puasa

4 Persiapan Menyambut Bulan Ramadan selain Doa Niat Puasa

April 2, 2022 0 By cahaya

Bulan Ramadan sudah semakin dekat, itu artinya muslim dan muslimah di seluruh dunia sudah harus bersiap untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Persiapan fisik dan mental perlu diperhatikan agar nantinya Anda bisa melakukan ibadah sepanjang ramadan dengan baik. Termasuk persiapan untuk melaksanakan puasa, yang di dalamnya Anda juga harus kembali menata hati dan diri dengan doa niat puasa ramadan.

Terlebih kewajiban niat ini juga diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang mana: “Sesungguhnya amal perbuatan disertai dengan niat-niat, dan sesungguhnya bagi setiap orang apa yang telah mereka niatkan,” (H.R. Bukhari). Hal ini semakin menjelaskan betapa pentingnya niat sebelum mengerjakan suatu ibadah. Bahkan, puasa tanpa niat pun terhitung tidak sah.

Persiapan Bulan Ramadan Selain Doa Niat Puasa

Selain persiapan niat, inilah hal-hal lain yang perlu kita siapkan sebelum memasuki bulan Ramadan.

1.     Meningkatkan keimanan

Meningkatkan keimanan ini bisa Anda lakukan dengan melatih diri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan menghindari perbuatan buruk. Latihlah diri untuk melaksanakan sholat lima waktu di awal waktu, bahkan kalau memungkinkan, sebaiknya dilakukan secara berjama’ah.

Anda juga bisa merutinkan diri untuk membaca al-Quran setiap selesai melaksanakan sholat fardhu. Agar ketika bulan Ramadan nanti, Anda bisa konsisten membaca al-Quran sehingga bisa mencapai target khatam minimal satu kali.

2.     Bekali diri dengan memperdalam ilmu dan pengetahuan agama

Supaya Anda lebih mudah dalam memaknai bulan Ramadan beserta amalan-amalan di dalamnya, maka luangkanlah waktu untuk kembali memperdalam ilmu dan pengetahuan tentang agama. Barangkali sudah banyak sejarah-sejarah Islam yang kita lupa, sehingga diri ini kurang pandai dalam mengambil dan memaknai hikmah dari suatu hal.

doa niat puasa ramadan

Termasuk untuk kembali memperdalam pemahaman mengenai doa niat puasa ramadan sehingga nantinya niat tersebut benar-benar bisa dirasakan dalam hati. Berikut adalah bacaan niat puasa ramadan;

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bismillaahirrahmaannirrahiim

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanata lillāhi             ta‘ālā

Yang artinya, “Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadan tahun ini karena Allah ta’ala”.

3.     Persiapan fisik

Dalam melaksanakan puasa, Anda diharuskan untuk menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga tiba waktu Maghrib. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar saat puasa sehingga bisa menjalani puasa dengan lancar.

tips bugar saat ramadan

Sebelum Ramadan tiba, Anda disarankan untuk menjaga kebugaran fisik dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup. Hindari kebiasaan begadang dan makan-makanan cepat saji, ya.

4.     Membuat target ibadah

Bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia di mana di dalamnya terdapat amalan ibadah yang pahalanya berlipat ganda dibandingkan dengan bulan lainnya. Oleh karena itu, marilah memanfaatkan momentum bulan Ramadan dengan baik agar nantinya Anda bisa memanen pahala sebanyak-banyaknya.

doa niat puasa ramadan

Salah satu caranya adalah dengan membuat target ibadah yang akan dilakukan sepanjang ramadan. Misalnya, jika sebelumnya Anda tidak rajin melaksanakan sholat malam, maka masukkan sholat tahajud sebagai salah satu sholat sunnah yang akan dikerjakan saat ramadan nanti.

Jadi, selain membaca doa niat puasa Ramadan, Anda juga perlu melakukan persiapan-persiapan di atas agar nantinya bisa menjalani bulan penuh berkah ini dengan sebaik-sebaiknya. Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk berlomba-lomba dalam kebaikan pada bulan Ramadan nanti?