Tips Memperkuat Hafalan Surat pada Anak

Tips Memperkuat Hafalan Surat pada Anak

November 6, 2022 0 By Yuliarti Selli

Anak, perlu tips yang lebih identik dan dicocokkan dengan pola usia saat belajar. Begitu juga dengan yang namanya hafalan, anak bisa menghafal surat ataupun pelajaran dengan metode yang tepat. Cara cepat ini, bisa dipraktekkan oleh anak melalui bantuan Ayah Bunda.

Konsisten, dan biasa berlatih sesuai konsep belajar anak yang cocok, membuat surat dalam Al-Qur’an akan mudah dihafal. Sejak kecil, anak sudah dibiasakan untuk disiplin membuat gampang dan mudah untuk mengaplikasikannya.

Berikut adalah tips dalam memperkuat hafalannya, diantaranya:

1. Kasih Edukasi Anak mengenai Keutamaan Menghafal Al-Qur’an

Sebelum melakukan hafalan, anak harus diedukasi terlebih dahulu mengenai Al-Qur’an salah satunya mengenai keutamaan. Agar anak mau untuk menghafal surat didalamnya. Cara penyampaiannya juga harus bagus, dan bisa dimengerti anak agar cepat dalam pengaplikasiannya.

2. Cari Jam Terbaik untuk Belajar

Ternyata, secara biologis dan ilmiah, ada jam-jam terbaik untuk belajar, salah satunya untuk menghafal Al-Qur’an. Dengan mencari jam terbaik, maka anak bisa gampang menghafal dan cepat dalam proses pengulangan maupun kefasihan. Apalagi anak, otaknya masih mudah menerima dan bagus.

3. Beli Al-Qur’an dan Alat-alat Pendukung yang Disuka

Saat membelikan akan yang terbaik dan ia suka, maka anak bisa saja tertarik untuk memainkannya atau berada dekat disana. Sehingga, anak akan suka menghafal Al-Qur’an dengan indah. Dengan begini, akan akan mudah dalam memperkuat hafalannya. Apalagi ini berkaitan dengan akhirat, jangan pelit Bund.

4. Selalu Didengarkan atau Disetel Ayat Al-Qur’an

Dengan menyetel atau memainkan surat Al-Qur’an, membuat anak semakin memperkuat hafalannya. Ayah Bunda bisa mengetes anak dengan penggalan surat atau ayat sehingga anak akan mencoba menjawab dengan benar. Dari situ, melatih ingat di luar kepala.

5. Dengarkan Ayat Al-Qur’an sejak Dini

Dari sini, anak akan terbiasa untuk mendengarkan ayat Al-Qur’an tanpa bosan. Karena sudah terbiasa, dianggap sebagai lagu yang biasa kita dengar. Jadi, anak secara tidak langsung akan hafal dengan apa yang ia perdengarkan. Dari situ, hafalan akan surat semaki kuat.

6. Lakukan Cara Unik

Sebagai seseorang yang menginginkan anaknya untuk hafal Al-Qur’an, maka bisa dilakukan cara yang unik, yang membuat anak suka untuk menghafal. Sesuaikan cara tersebut dengan karakter anak, agar cepat nyantol dan sukses untuk dilakukan. Saat anak aktif, orang tua bisa main puzzle potongan ayat.

7. Sekali-kali beri Penghargaan

Dengan pencapaian yang cukup memuaskan, anak bisa diberi penghargaan oleh orang tua, salah satunya barang yang anak suka, atau hal lain yang menyenangkan ia. Anggap saja, itu hal untuk mengapresiasi anak agar semakin semangat dalam memperkuat hafalannya.

8. Buat Anak Konsisten (Istikamah)

Buat anak istikamah untuk hafal, dengan selalu konsisten memberikan waktu untuk menghafal Al-Qur’an setiap hari. Saat konsisten, anak akan cepat menghafal Al-Qur’an dengan benar. Hafalan akan diulang-ulang sampai kuat.

9. Lakukan Talqin atau Tasmi’

Lakukan Talqin atau Tasmi’ pada anak, dengan bisa membacakan Al-Qur’an kemudian diikuti oleh anak. Orang tua atau minta bantuan Ustadz/Ustadzah, mengoreksi car abaca atau hafalan anak, apakah sudah benar atau perlu diperbaiki. Pastinya, semakin hari ke hari, anak-anak akan hafal.

10. Ajarkan Tafahhum dan Tikrar

Tafahhum adalah mencoba memahami arti dari bacaan yang akan dihafal. Jadi, diharapkan dengan memahami artinya, anak akan lebih cepat dalam menghafal Al-Qur’an. Ajarkan Tikrar, yang berarti mengulangi bacaan hingga hafal, dengan baca ayat pertama hingga 10-20 kali (sampai hafal).

11. Lakukan Muraja’ah

Setelah hafal surat Al-Qur’an yang diberikan, maka ulangi kembali bacaan tersebut hingga hafalannya lebih kuat. Cara cepat ini dianggap efisien, dan bisa dilakukan berulang-ulang hingga hafal di luar kepala. Iya, itulah pentingnya orang tua dalam membimbing. Semoga bermanfaat.

Pastikan, tips memperkuat hafalan surat pada anak cocok dengan karakter anak yah!