Mengapa Islam Membolehkan Poligami?

Mengapa Islam Membolehkan Poligami?

Januari 9, 2023 0 By Yuliarti Selli

Poligami, menjadi hal yang kontra maupun pro dalam kehidupan, apalagi patokan agama Islam, yang memperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu. Poligami, menjadi hal yang sudah ada pada zaman Nabi. Nabi Muhammad pun, melakukan juga demi alasan tertentu, alasan umat.

Jadi, poligami di zaman sekarang sampai akhir zaman nanti bisa saja malah dibutuhkan, mengingat jumlah populasi wanita kian hari semakin menambah, dan itu menjadi PR bagi laki-laki yang mulai jadi minoritas. Patokannya, harus adil sebelum memilih poligami.

Simak berikut.

Tentang Poligami

Para ahli fiqih, menyebutkan bahwa terdapat berbagai hikmah yang bisa diambil, dalam kehidupan sosial maupun individu mengenai ini. Poligami memang diperkenankan, tapi harus disertai dengan landasan hukum yang ada, entah hukum agama maupun hukum sosial (negara).

Islam sendiri, adalah agama yang universal, dimana dari situ, seharusnya kita sudah menyiapkan perundang-undangan yang cocok, demi mencapai kemaslahatan. Hikmah dibalik poligami, adalah:

1. SDM bisa saja semakin Baik

Dengan menikah dan poligami, maka secara tidak langsung akan memperbaiki SDM yang ada, jika cocok atau memiliki pasangan yang tepat, diantaranya mulai terdidik anak keturunan kita, menjadi orang yang terpelajar, kebutuhan negara bisa terpenuhi dengan SDM baik.

2. Mencoba Adil dengan Fenomena Jumlah Perempuan Banyak

Para peneliti ilmiah, menunjukkan bahwa jumlah perempuan lebih banyak daripada jumlah laki-laki di dunia. Sehingga, bagi yang ingin merasakan menikah, wanita bisa menyetujui pasangannya untuk poligami, agar wanita lain merasakan menikah juga. Kebutuhan batin.

3. Potensi Laki-laki dalam Memberikan Keturunan Besar

Mau tidak mau, jika fenomena di atas berlanjut, maka demi meneruskan keturunan, para wanita harus siap dimadu. Memang terasa berat, tapi jika dilandasi agama, maka bisa sanggup untuk ibadah, awalaupun apapun cobaan yang melanda.

4. Menjadi Solusi dalam Permasalahan Wanita

Misal, wanita kurang memuaskan, mandul, tidak memiliki anak, atau ada penyakit yang membuat ia tidak bisa hamil. Kemudian, ia juga tidak bisa menjadi istri yang baik, maka laki-laki berhal untuk melakukan poligami dengan izin istri sebelumnya. Semoga, istri memahami dan saling mengerti.

5. Untuk Menyalurkan Hasrat Seksual secara Sah

Kadang, ada laki-laki yang hiper akan seksual, sehingga untuk mencegah hal ini dalam keburukan, maka lebih baik dinikahkan lagi atau mencari perempuan lagi demi keamanan bersama demi agama. Hasrat seksual, bisa saja negatif jika tidak tahu penyalurannya.

Aturan Poligami dalam Islam

Dalam Islam, sudah diatur mengenai poligami yang benar, diantaranya sudah tertuang di Surat An Nahl ayat 90, Al Baqarah ayat 216, dan Al Baqarah ayat 219. Poligami sendiri, adalah syariat yang dipilihkan oleh Allah SWT demi kemaslahatan umat Islam bersama.

Secara logika, seorang wanita pasti akan mengalami sakit, nifas, dan haid. Tetapi laki-laki, tidak bisa menahan syahwatnya dengan lama, sehingga memang disetting oleh Allah untuk jadi pemburu dan mempunyai anak. Jadi, hormonnya memang sudah terkendali dari lahir.

Manfaat poligami, tidak akan hilang dengan sia-sia, sehingga jika dimanfaatkan dengan benar, maka akan terasa maksimal, dengan izin dan niat ibadah kepada Allah. Hal ini juga menghindari dari wanita yang menjerumus kepada perbuatan zina dan berpaling kepada Allah.

Secara Pemikiran

Secara umum jika dilihat dalam Sahih Fiqih Sunnah 3/217, wanita aslinya sudah siap menikah, hanya laki-laki saja yang masih belum siap untuk itu, dikarenakan adanya kekafiran, sehingga sedikit laki-laki yang siap menikah.

Syariat poligami, bagi yang tahu, bisa mengangkat derajat seorang wanita jika tepat memilih suami. Dalam hal ini, bisa juga mengangkat derajat dari laki-laki sebelumnya yang meninggalkan atau mengalami perceraian. Sehingga dengan poligami, ada yang bertanggung jawab atas kebutuhan hidup.

Poligami, jadi cara efektif dalam menundukkan pandangan mata manusia, terutama laki-laki. Tapi masih banyak, wanita yang berpikiran bahwa poligami adalah hal buruk dan menganggap wanita jadi kedua, atau laki-laki dianggap sudah tidak cinta lagi. Padahal, ini demi keselamatan bersama.

Jadi, sudahkah ada niatan untuk berpoligami? Poligami diperbolehkan oleh agama Islam loh, dan aturan ini pastinya disesuaikan dengan yang ada. Jangan lupa, syariat dan hukum yang ada.